Abaikan Waktu Tidur Bisa Membuat Program Diet Anda Sia-Sia

penyebab-diet-gagal-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Memiliki tubuh yang gemuk memang menjadi sebuah masalah bagi sebagian wanita. Pasalnya, dengan bentuk tubuh tersebut, penampilan akan menjadi kurang enak dipandang. Terlebih lagi jika seseorang sangat memikirkan penampilan, maka tubuh gemuk adalah sebuah masalah serius yang harus segera dihilangkan. Maka tak heran jika banyak wanita yang rela mengurangi jatah makan mereka untuk melakukan program diet demi mendapatkan tubuh yang langsing.

Photo Credit : pexels.com

Namun, banyak terjadi juga, walau sudah diet mati-matian tapi tidak ada hasil. Tubuh tetap gemuk dan lemak tidak hilang. Parahnya lagi, wanita yang merasakan kegagalan diet akan melakukan program diet yang lebih ekstrem hingga akhirnya membahayakan bagi dirinya sendiri. Ya, hal tersebut karena dia tidak tahu bagaimana cara diet yang baik dan benar.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan diet menjadi kurang maksimal hasilnya. Salah satu faktor tersebut adalah pola tidur. Selain olahraga, pola tidur adalah salah satu faktor terpenting dalam menunjang suksesnya program diet. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Universitas South Carolina di Columbia yang dicatat dalam journal sleep, menerangkan bahwa obesitas bukanlah dari pola makan yang berlebihan, tapi dari pola tidur yang tidak karuan.

Pola tidur yang tidak baik adalah kurang tidur dan terlalu banyak tidur. Normalnya, seseorang disarankan untuk tidur delapan jam pada malam hari dan ditambah satu jam pada siang hari. Itu adalah takaran normal yang baik untuk kesehatan seseorang. Nah, pada kasus lain, banyak orang yang menyepelekan tidur. Bahkan tidak sampai 4 jam dalam semalam karena berbagai alasan seperti pekerjaan kantor ataupun urusan lainnya.

Lantas, orang yang terlalu banyak tidur juga bisa membuat program diet menjadi sia-sia alias tak ada hasil. Diterangkan, dengan tidur terus-menerus, kalori dan lemak di dalam tubuh akan semakin betah dan terus bersarang secara nyaman. Perlu tindakan untuk membuang kalori tersebut dengan tidak sering tidur. Maka  dari itu, tidurlah sesuai dengan aturan yang disarankan oleh pakar kesehatan. Sebab, tidur adalah faktor utama dari kesehatan seseorang.