Terbit: 14 Juli 2020 | Diperbarui: 24 Agustus 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Eko Budidharmaja

Mengetahui cara menjaga kesehatan ginjal adalah sesuatu yang penting karena organ seukuran kepalan tangan ini memiliki banyak fungsi, seperti menyaring produk limbah, kelebihan air, atau kotoran lainnya dari darah. Selain itu, ginjal juga berfungsi mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh. Mengingat banyak fungsi penting dari ginjal, oleh karena itu Anda harus mengetahui bagaimana cara menjaga ginjal tetap sehat.

15 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal (Mudah Dilakukan)

Mengenali Berbagai Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Menjaga kesehatan ginjal adalah sesuatu yang penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan menjaga ginjal tetap sehat, tubuh akan menyaring dan mengeluarkan limbah dengan baik serta menghasilkan hormon untuk membantu tubuh Anda berfungsi dengan optimal.

Berikut ini adalah berbagai cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Olahraga Teratur

Cara menjaga ginjal tetap sehat yang paling mudah dilakukan adalah dengan olahraga. Selain berguna untuk mengurangi lingkar pinggang, rutin berolahraga dapat menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Olahraga rutin juga dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung, di mana keduanya adalah hal penting untuk mencegah kerusakan ginjal.

Berjalan, berlari, bersepeda, hingga menari adalah aktivitas yang baik untuk menjaga kebugaran tubuh. Temukan aktivitas yang membuat Anda dapat terus aktif dan bahagia.

2. Mengontrol Kadar Gula Darah

Cara menjaga kesehatan ginjal berikutnya adalah dengan menjaga kadar gula darah tubuh tetap stabil. Kelebihan gula dalam darah akan dikeluarkan ginjal ke dalam urine, proses ini memberi beban kerja tambahan kepada ginjal. Penyakit ginjal (nefropati DM) merupakan komplikasi yang sering terjadi pada penderita diabetes.

Penderita DM sebaiknya secara berkala memeriksa fungsi ginjal (Ureum, Creatinin, Microalbuminuria). Jika kerusakan diketahui lebih awal, dokter dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi atau mencegah kerusakan tambahan.

3. Memantau Tekanan Darah

Selain kadar gula darah yang harus dikontrol, tips menjaga kesehatan ginjal yang harus diperhatikan adalah kondisi tekanan darah. Jika tekanan darah dalam tubuh tinggi, hal itu berisiko menimbulkan kerusakan ginjal. Efek samping lainnya dari kondisi ini adalah diabetes, penyakit jantung, atau meningkatkan kadar kolesterol.

Tekanan darah normal orang dewasa adalah 120/80 mmHg, jika pembacaan tekanan darah Anda secara konsisten berada di atas 140/90 mmHg, Anda mungkin memiliki tekanan darah tinggi. Konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Menjaga Berat Badan Ideal

Seseorang yang mengalami obesitas berisiko tinggi memiliki beberapa masalah kesehatan, salah satunya adalah masalah pada ginjal. Oleh karena itu, cara menjaga kesehatan ginjal adalah dengan menjaga berat tubuh tetap ideal. Bagaimana mengukur berat tubuh dikatakan ideal? Anda bisa menggunakan kalkulator indeks massa tubuh untuk menentukan apakah Anda memiliki berat badan yang sehat.

5. Konsumsi Makanan Sehat

Ginjal Anda memproses semua makanan atau minuman yang dikonsumsi, termasuk apa pun yang buruk bagi tubuh seperti lemak, garam, dan gula. Seiring waktu, diet yang buruk dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, obesitas, hingga diabetes. Oleh karena itu, cara menjaga kesehatan ginjal adalah dengan diet sehat sehat seperti mengonsumsi banyak sayuran, buah-buahan, biji-bijian, dan mengurangi makanan olahan.

6. Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Jika Anda sering mendengar saran mengenai pentingnya mengonsumsi delapan gelas air dalam sehari, namun Anda sering mengabaikannya, sepertinya kebiasaan buruk itu harus dikurangi. Asupan cairan tubuh yang cukup ternyata dapat mendorong kesehatan ginjal.

Cara menjaga kesehatan ginjal dengan banyak mengonsumsi air putih ternyata dapat membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal, di mana hal ini juga menurunkan risiko penyakit ginjal kronis.

7. Jangan Merokok

Merokok adalah aktivitas yang dapat merusak pembuluh darah. Kondisi ini menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lebih lambat, termasuk aliran darah ke ginjal. Merokok juga menempatkan ginjal pada peningkatan risiko kanker. Jika Anda berhenti merokok, risiko masalah pada ginjal akan menurun.

8. Waspada Terhadap Obat Nonresep

Jika Anda mengonsumsi obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di pasaran secara berlebihan, Anda berisiko mengalami kerusakan ginjal. Obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen dan naproxen dapat merusak ginjal jika meminumnya secara rutin untuk mengatasi sakit kronis, sakit kepala, atau radang sendi.

Konsultasi dengan dokter tentang perawatan yang aman untuk ginjal jika Anda memiliki kondisi penyakit tertentu.

9. Tes Fungsi Ginjal Jika Anda Berisiko Tinggi

Jika Anda berisiko tinggi mengalami kerusakan ginjal atau penyakit ginjal, sebaiknya lakukan tes fungsi ginjal secara rutin. Orang-orang berikut mungkin mendapat manfaat dari tes ini, antara lain:

  • Orang yang berusia lebih dari 60 tahun
  • Orang yang dilahirkan dengan berat badan lahir rendah
  • Orang yang memiliki penyakit kardiovaskular atau memiliki riwayat keluarga dengan kondisi ini
  • Orang yang memiliki atau riwayat keluarga dengan tekanan darah tinggi
  • Orang yang mengalami obesitas

Tes fungsi ginjal secara teratur adalah cara yang baik untuk mengetahui kesehatan ginjal dan untuk memeriksa kemungkinan perubahan. Cara menjaga kesehatan ginjal ini dapat membantu memperlambat atau mencegah kerusakan di masa mendatang.

10. Konsumsi Antibiotik Berlebihan

Obat-obatan penangkal bakteri dapat merusak ginjal jika Anda menggunakannya terlalu sering. Kondisi ini bisa terjadi bahkan jika Anda tidak memiliki masalah ginjal sebelumnya. Beberapa jenis antibiotik seperti penicillin, sulfonamides, dan cephalosporins lebih cenderung menyebabkan masalah.

11. Hindari Konsumsi Suplemen Herbal

Meski menggunakan kata ‘herbal’ , tidak berarti produk tersebut aman digunakan. Beberapa produk yang diklaim herbal justru dapat merusak ginjal. Suplemen herbal bisa menjadi sangat berbahaya jika Anda memiliki penyakit ginjal. Konsultasi dengan dokter sebelum Anda menggunakan suplemen herbal apa pun.

12. Membatasi Konsumsi Minuman Beralkohol

Cara menjaga ginjal tetap sehat ini harus menjadi perhatian terutama bagi Anda yang memiliki kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol. Konsumsi alkohol berlebihan dapat menyebabkan kerusakan yang tiba-tiba dan mungkin menyebabkan masalah jangka panjang. Selain itu, alkohol juga bisa membuat Anda dehidrasi, kondisi yang membuat ginjal tidak berfungsi dengan baik.

13. Kendalikan Kadar Asam Urat

Asam urat merupakan zat sisa dari metabolisme purin (protein dalam kacang-kacangan, melinjo, jerohan). Bila kadar asam urat tinggi juga dibuang melalui urin dan bisa menyebabkan beban pada ginjal. Sebaiknya hindari makanan yang meningkatkan asam urat dan minum obat secara teratur bila asam urat tinggi.

14. Segera Obati Batu Ginjal

Bila sering mengalami nyeri pinggang atau kemerahan saat kencing sebaiknya periksa USG untuk mencari adakah batu pada saluran kemih. Bila didapatkan batu sebaiknya segera dilakukan tindakan untuk mencegah sumbatan yang dalam jangka panjang menyebabkan gagal ginjal

15. Hindari Minuman Energi/Suplemen Dosis Tinggi

Suplemen atau minuman energi yang mengandung vitamin C, kafein, taurin, atau gula dosis tinggi dapat memperberat kerja ginjal karena kelebihan dari zat-zat tersebut akan dikeluarkan melalui urine. Banyak ditemui pada pasien gagal ginjal yang diawali dengan mengonsumsi minuman/suplemen tersebut setiap hari.

Nah, itulah berbagai cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa Anda lakukan.

 

  1. Anonim. Ways to Keep Your Kidneys Healthy. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/ss/slideshow-keep-kidneys-healthy. (Diakses pada 14 Juli 2020).
  2. Healthline Editorial Team. 2020. 8 Ways to Keep Your Kidneys Healthy. https://www.healthline.com/health/kidney-health#stay-active. (Diakses pada 14 Juli 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi