Inilah 7 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Doktersehat-cara-menjaga-kesehatan-ginjal

DokterSehat.Com – Ginjal adalah satu dari beberapa organ vital dalam tubuh yang berfungsi sebagai sistem ekskresi pada manusia sehingga sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara menjaga kesehatan ginjal dengan tepat.

Di dalam tubuh terdapat sepasang ginjal yang letaknya berada di daerah dekat pinggang. Ukuran panjang satu organ ginjal manusia sekitar 10 cm dan kisaran berat lebih dari 200 gram. Ginjal berperan penting bagi keberlangsungan hidup manusia, oleh karena itu jangan sampai mengabaikan cara merawat ginjal yang benar.

Menjaga Kesehatan Ginjal

Peran organ ini adalah mengatur keseimbangan asam-basa, pengaturan tekanan darah, merangsang sumsum tulang untuk membuat sel darah merah, membantu mempertahankan kalsium untuk tulang. Begitu besarnya peran ginjal bagi tubuh, sudah  seharusnya Anda menjaga kesehatan ginjal.

Berikut adalah cara menjaga kesehatan ginjal yang harus Anda tahu, di antaranya:

1. Mengatur pola makan

Cara menjaga kesehatan ginjal yang satu ini merupakan cara ampuh yang bisa Anda coba. Pilihlah makanan seperti buah-buahan, sayur-sayuran yang di tanam dengan tanpa pupuk kimia (organik) serta jauhilah makanan olahan, kurangi konsumsi garam berlebih, serta konsumsilah ikan atau daging putih tanpa lemak.

Perlu diketahui, terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dapat mengganggu keseimbangan mineral dalam darah. Pada akhirnya, hal ini dapat memperberat kerja ginjal dan mengganggu fungsi bagian ginjal. Terlalu banyak garam bisa membuat seseorang lebih cepat merasa haus dan juga kembung. Keluarnya urine yang lebih sedikit dari biasanya juga bisa disebabkan oleh tingginya kadar garam yang dikonsumsi.

Oleh karena itu, agar ginjal sehat ganti makanan olahan yang mengandung tinggi garam dengan makanan yang lebih sehat seperti daging tanpa lemak dan kacang-kacangan.

2. Aktif bergerak

Menjaga kesehatan ginjal bisa dilakukan dengan cara yang paling mudah, yaitu beraktivitas fisik secara rutin. Anda harus aktif bergerak dan jangan bermalas-malasan, karena kesehatan Anda bisa terjaga hanya dengan terbiasa menggerakkan badan.

Cara menjaga kesehatan ginjal itu dapat dilakukan dengan olahraga secara teratur minimal 20 menit sehari. Kebiasaan ini akan membuat ginjal Anda akan tetap sehat, bekerja secara optimal, dan terhindar dari risiko penyakit ginjal.

3. Menjaga berat badan

Cara menjaga kesehatan ginjal selanjutnya adalah dengan menjaga berat badan ideal. Selain memengaruhi keadaan emosional, berat badan yang berlebih (apalagi obesitas) sangat tidak baik untuk kesehatan karena organ tubuh akan bekerja lebih keras, termasuk ginjal yang lama kelamaan akan membuatnya menjadi lemah kinerjanya.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan ginjal dapat dilakukan dengan menjaga berat badan ideal. Menghitung berat badan ideal bisa dilakukan dengan menggunakan alat berikut.

Kalkulator BMI: Menghitung berat badan ideal

4. Menghindari konsumsi alkohol dan rokok

Cara menjaga kesehatan ginjal lainnya adalah dengan menghindari aktivitas merokok dan konsumsi alkohol, karena keduanya bisa menyebabkan rusaknya paru-paru dan ginjal. Oleh karena itu, cara merawat ginjal yang harus dilakukan adalah mengurangi konsumsi alkohol dan tidak merokok .

5. Kontrol tekanan darah

Penyakit ginjal ternyata dapat dipicu dari tekanan darah yang tinggi. Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa 35 % penyakit ginjal disebabkan tekanan darah tinggi. Ketika kekuatan aliran darah tinggi, pembuluh darah meregang sehingga darah mengalir lebih mudah. Namun, peregangan ini meninggalkan bekas luka dan melemahkan pembuluh darah ke seluruh tubuh, termasuk pada ginjal.

Guna mencegah tekanan dan agar ginjal sehat, Anda dapat memilih makanan yang tinggi kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah stabil. Kalium dapat Anda temukan dalam alpukat, kentang, pisang, susu, dan ikan.

6. Minumlah air putih dengan cukup

Minumlah air putih 6-8 gelas sehari. Ini sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan ginjal Anda. Memenuhi air putih merupakan salah satu cara menjaga kesehatan ginjal.

Jika asupan cairan dalam tubuh tercukupi, maka aliran ke ginjal juga akan baik. Jika terjadi penurunan aliran darah ke ginjal, maka lama kelamaan dapat membuat perburukan fungsi ginjal. Selain itu, jika Anda dalam kondisi sakit, usahakan jangan sampai Anda mengalami dehidrasi, karena dengan dehidrasi hal itu dapat memperberat kerja ginjal.

Dengan mencukupi kebutuhan cairan tubuh, Anda juga bisa menghindari infeksi saluran kencing. Infeksi saluran kencing pada umumnya terjadi akibat bakteri. Apabila infeksi ini tidak ditangani maka bakteri penyebab infeksi tersebut dapat bergerak naik ke atas dan menginfeksi ginjal sehingga menyebabkan fungsi ginjal terganggu.

Cara paling mudah mencegah infeksi saluran kencing yaitu dengan minum air secukupnya minimal 8 gelas setiap hari dan menjaga higienitas saluran kencing.

Perlu diketahui, bagi orang yang sehat, memperbanyak minum air baik untuk kesehatan. Namun, hal tersebut tidak berlaku pada penderita ginjal kronis. Mereka harus menjaga asupan air di dalam tubuhnya karena kondisi ginjalnya tidak berfungsi secara normal.

Ketika mendapat asupan banyak air, ginjal dipaksa bekerja lebih keras untuk mengatur kebutuhan air dalam tubuh. Air yang tidak dikeluarkan menjadi urine akan lantas menumpuk di dalam tubuh. Oleh karena itu, dokter biasanya membatasi asupan air sesuai dengan kondisi tubuh pasien agar tidak memperburuk kondisi ginjal.

7. Menghindari beberapa obat dan suplemen

Cara menjaga kesehatan ginjal lainnya yang harus diperhatikan adalah mengurangi beberapa obat tertentu. Usahakanlah tidak mengonsumsi beberapa obat antibiotik dan antinyeri. Kedua obat ini berisiko dapat merusak ginjal.

Selain itu, obat umum non-resep pil seperti ibuprofen dan naproxen (NSAID) dapat menyebabkan kerusakan ginjal jika dikonsumsi terlalu teratur selama jangka waktu yang lama. Waspada juga penggunaan  suplemen dan obat herbal. Konsumsi berlebihan beberapa ekstrak herbal dan suplemen vitamin tertentu dapat berbahaya bagi ginjal Anda.

Sebelum mengonsumsinya obat atau suplemen, sebaiknya konsultasikan tentang penggunaan obat tersebut dengan dokter spesialis terlebih dahulu.

Perlu menjadi perhatian, seiring bertambahnya usia hampir seluruh organ tubuh akan mengalami penurunan fungsi, begitu pula pada ginjal. Oleh karenanya, tak ada salahnya Anda menerapkan cara menjaga kesehatan ginjal seperti yang sudah dijelaskan di atas dalam kehidupan sehari-hari.