9 Kebiasaan Ini Menyebabkan Kanker Kulit!

doktersehat-makeup

DokterSehat.Com– Ketika berbicara tentang kulit, kebanyakan dari kita menganggapnya dari sudut pandang perawatan kecantikan daripada bagian kesehatannya, bukan?

Sebagai contoh, seseorang melakukan banyak upaya dalam menjalankan perawatan kulit secara rutin, untuk menjaga bagian luar kulit tampak bersih dan tampak berseri.

Saat melakukan eksfoliasi, melembabkan, mencuci kulit dengan produk yang paling cocok untuk kulit, dan bahkan merias wajah agar terlihat lebih menarik.

Namun, banyak dari kita tidak terlalu khawatir tentang kesehatan kulit, seperti bagaimana kita khawatir tentang kesehatan organ vital tertentu seperti jantung dan ginjal.

Anda harus menyadari bahwa kulit juga merupakan organ tubuh. Bahkan, organ terbesar pada tubuh manusia. Sama seperti bagaimana organ-organ tubuh lainnya terkena penyakit, bahkan kulit pun bisa terkena.

Kanker kulit adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan, yang dapat memengaruhi sel-sel kulit dan akhirnya dapat memengaruhi organ-organ internal lainnya juga.

Jadi, seperti dilansir dari Boldsky, berikut beberapa kebiasaan berbahaya yang dapat meningkatkan risiko kanker kulit:

sunblock-doktersehat
Photo Credit: flickr.com/Skeyndor

1. Tidak menggunakan tabir surya

Sejumlah penelitian dan survei telah membuktikan bahwa, terutama di negara-negara berkembang, sebagian besar orang tidak menggunakan lotion dan krim tabir surya, setiap hari. Sinar ultraviolet dari matahari adalah salah satu penyebab utama kanker kulit dan dapat memengaruhi orang, dalam rentang waktu singkat saat terkena sinar matahari. Jadi, disarankan bahwa orang-orang harus menggunakan lotion tabir surya, setiap hari, bahkan ketika mereka berada di dalam ruangan untuk sebagian besar.

doktersehat-suplemen-diet-obat

2. Diet yang buruk

Jika diet Anda tidak menyertakan makanan yang sehat dan bergizi seperti buah dan sayuran, maka sel-sel kulit Anda menjadi lebih lemah dan kebal terhadap serangan sel-sel kanker, yang dapat tumbuh dan berkembang biak pada tingkat yang mengkhawatirkan. Buah dan sayuran mengandung banyak antioksidan dan antioksidan yang diketahui dapat mencegah sejumlah kanker, termasuk kanker kulit. Jadi, pastikan Anda mengonsumsi buah dan sayuran setiap hari.

3. Mengonsumsi gula berlebih

Jika Anda adalah seseorang yang memiliki “sweet tooth”, atau jika Anda menyukai makanan manis seperti permen, cokelat, dan minuman ringan, secara teratur, ini juga bisa menjadi salah satu penyebab utama kanker kulit, menurut sebuah sejumlah studi penelitian. Selain kanker kulit, kelebihan gula juga dapat menyebabkan komplikasi kesehatan lainnya seperti obesitas, diabetes, gigi berlubang, dan penyakit ginjal.

doktersehat-sinar-uv-matahari-payung

4. Tidak melindungi kulit Anda di luar ruangan

Seperti yang sudah kita ketahui, saat ini, ada sangat banyak polusi di udara, terutama di negara-negara berkembang. Jadi, jika Anda tidak menutupi seluruh area kulit Anda, dengan pakaian pelindung seperti sarung tangan, kaos kaki, masker, selendang, dan pelindung lainnya, racun dalam polusi juga dapat menyebabkan kanker kulit. Selain itu, melindungi diri Anda dengan pakaian pelindung saat bepergian, juga dapat melindungi kulit Anda dari sinar matahari.

rokok-asbak-doktersehat
Photo Credit: pexels.com

5. Merokok

Merokok juga bisa menjadi kebiasaan yang menyebabkan kanker kulit! Fakta ini akan mengejutkan banyak orang karena merokok biasanya dikaitkan dengan perkembangan kanker paru-paru. Namun, ada cukup bukti ilmiah untuk membuktikan bahwa nikotin yang dihirup sambil merokok juga dapat menyebabkan kanker kulit, bersama dengan sejumlah komplikasi kesehatan lainnya yang kita semua ketahui dengan baik.

doktersehat-hp-menyala-saat-tidur

6. Kelebihan menggunakan ponsel

Ini adalah salah satu kebiasaan yang mayoritas penduduk dunia melakukannya setiap hari, tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Bahkan, ponsel telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita. Studi penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ponsel untuk waktu yang lama juga dapat menyebabkan kanker kulit, karena gelombang frekuensi radio yang dipancarkan dari ponsel dapat memicu pertumbuhan sel kanker di kulit.

doktersehat-duduk-lama-kantor-kerja-resiko-diabetes

7. Duduk terlalu lama

Namun kebiasaan lain yang mengejutkan yang dapat menyebabkan kanker kulit adalah duduk selama berjam-jam. Kebiasaan ini dilakukan oleh sejumlah profesional yang bekerja di balik meja sehari-hari. Studi menunjukkan bahwa duduk terlalu lama, terutama di depan komputer juga dapat meningkatkan kemungkinan terkena kanker kulit, karena kebiasaan ini dapat mengurangi elastisitas kulit Anda, membuatnya rentan terhadap serangan penyakit seperti kanker.

doktersehat-konsultasi-lupus-1024

8. Tidak memeriksakan diri ke dokter kulit

Sama seperti bagaimana kebanyakan dari kita untuk pemeriksaan kesehatan umum sesekali, hanya untuk memastikan organ internal kita semua berfungsi, meskipun kita merasa sehat, juga penting untuk memeriksakan kulit Anda secara teratur, dengan pergi ke dokter kulit. Spesialis kulit dapat mendeteksi bahkan tanda-tanda kecil kanker kulit, jika ada, untuk membantu mengobati atau mencegah kondisi penuh.

doktersehat-makeup-wajah-wanita

9. Menggunakan makeup berlebih

Sekarang ini, banyak orang mulai terbiasa menggunakan makeup atau riasan setiap hari, untuk terlihat menarik dan merasa baik. Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan produk rias setiap hari juga dapat memicu kanker kulit, karena sejumlah bahan kimia beracun dapat digunakan dalam merek produk rias tertentu.

Jadi, coba Anda pikirkan lagi untuk melakukan kebiasaan berbahaya ini!