Terbit: 16 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pada beberapa dekade lalu, penyakit yang banyak terjadi dan menadi penyebab kematian terbesar adalah penyakit yang menular. Namun belakangan ini penyakit yang sering terjadi adalah penyakit tidak menular, seperti penyakit jantung dan diabetes.

doktersehat-sayuran-olahraga

Penyakit tidak menular umumnya lebih dapat dicegah dengan pengaturan pola hidup sehat. Menurut penelitian yang dikeluarkan oleh Agriculture and Agricultural Sciencer Procedia Italy penerapan pola makan dan yang baik akan menyebabkan banyak penyakit bisa dicegah, salah satunya adalah kanker.

Untuk itu, beberapa tips pola hidup sehat, utamanya untuk mencegah kanker yang dikeluarkan oleh World Cancer Research Fund America adalah:

  1. Memantau kondisi fisik tubuh

  2. Kondisi tubuh yang ideal akan mendukung kondisi kesehatan tubuh yang baik. Risiko kanker akan lebih besar jika berat badan seseorang berlebihan.

  3. Melakukan aktivitas fisik

  4. Melakukan olahraga secara rutin dengan tingkat sedang selama 60 menit sebanyak 2-3 kali dalam seminggu dianjurkan agar tubuh selalu fit.

  5. Menghindari makanan dan minuman yang meningkatka berat badan

  6. Makanan dan minuman yang banyak mengandung gula akan menyebabkan kegemukan dan meningkatkan risiko kanker. Hindari konsumsi makan atau minuman dengan gula tambahan.

  7. Plih makanan nabati kaya serat

  8. Konsumsi makanan nabati tinggi serat seperti sayur, buah dan kacang kedelai dalam bentuk segar ( bukan olahan). Usahakan konsumsi 5 porsi buah dan sayur dalam satu hari.

  9. Pilih makanan hewani dalam bentuk segar

  10. Konsumsi daging, ikan dan unggas dalam bentuk segar, bukan kalengan atau diasinkan.

  11. Batasi minum alkohol

  12. Minuman beralkohol sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari 2 porsi dalam sehari. Alkohol dapat mengurangi asupan zat gizi tubuh.

  13. Menghindari makanan berpengawet

  14. Jika ingin menonsumsi makanan berpengawet utamakan yang tidak menggunakan bahan pengawet tambahan misalnya simpan dalam lemari es, pengeringan atau pembotolan tanpa tambahan garam berlebih.

  15. Suplemen diet

  16. Jika kita sedang sakit atau tidak bisa memeroleh vitamin tertentu (misalnya vitamin D dari sinar matahari karena alasan musim/cuaca) maka penggunaan suplemen dianjurkan agar tubuh tidak mengalami kekurangan vitamin.

Beberapa tips diatas memang dianjurkan untuk mencegah kanker, akan tetapi beberapa prinsip dan pelaaksaanya juga akan mendukung kesehatan tubuh sehingga penyakit lain seperti penyakit jantung dan diabetes juga dapat dicegah.

Jadi, kira-kira apakah Anda tertarik untuk mencoba memulai tips diatas?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi