Terbit: 20 Februari 2019
Ditulis oleh: Rhandy Verizarie | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Sarsaparilla dikenal sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat. Tanaman tropis ini kerap disajikan dalam bentuk teh, maupun minuman bersoda bertajuk ‘saparella’ yang tak lain adalah minuman tradisional khas Yogyakarta. Lantas, apa saja manfaat sarsaparilla bagi kesehatan tubuh? Simak informasinya berikut ini.

9 Manfaat Sarsaparilla bagi Kesehatan (Bisa Cegah Kanker)

Apa itu Sarsaparilla?

Sarsaparilla adalah jenis tumbuhan tropis yang masuk ke dalam genus Smilax. Sarsaparilla banyak tumbuh di area hutan hujan Amerika Selatan, Honduras, Meksiko, Jamaika, Kepulauan Karibia, hingga India. Sudah berabad-abad akar sarsaparilla dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti radang sendi, demam, masuk angina, hingga gangguan pencernaan dan kanker sekalipun.

Di Indonesia, sarsaparilla pada medio 1960-an pernah mencapai masa jayanya lewat produk minuman bersoda yang dikenal sebagai ‘saparella’. Bahkan, minuman sarsaparilla menjadi semacam simbol gengsi dan kemajuan. Sarsaparilla menjadi minuman favorit para raja dan kaum bangsawan di Yogyakarta zaman dulu. Kini, minuman sarsaparilla sudah jarang ditemui semenjak hadirnya produk minuman bersoda dari luar negeri.

9 Manfaat Sarsaparilla bagi Kesehatan Tubuh

Sarsarapilla mengandung sejumlah zat, seperti sarponin yang merupakan senyawa steroid, pun senyawa antioksidan bernama quercetin. Ini menjadikan sarsaparilla kaya akan manfaat. Berikut ini manfaat sarsaparilla yang perlu Anda ketahui.

1. Anti-bakteri

Penelitian yang dipublikasikan oleh PubMed pada tahun 2013 mengungkapkan jika sarsaparilla ternyata efektif dalam mengatasi penyakit diare. Sebagaimana diketahui, diare adalah salah satu penyakit gangguan pencernaan yang disebabkan oleh bakteri.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Dalam penelitian tersebut, diketahui zat antimikroba yang ada pada sarsaparilla ampuh melawan bakteri S. typhimunium, E. coli, dan S. flexneri. Bahkan, peneliti menilai jika efektifitas sarsaparilla dalam mengobati diare lebih baik daripada obat anti-diare umum. Zat antibakteri diare yang ada pada sarsaparilla juga berfungsi untuk mengurangi kontraksi pada usus.

2. Menambah Daya Ingat

Mengonsumsi sarsaparilla juga diklaim mampu menambah daya ingat. Ya, manfaat sarsaparilla yang satu ini didapat berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Tiongkok dan diterbitkan oleh Brain Research pada tahun 2005. Sarsaparilla mengandung zat yang disebut sarsapogenin dan memiliki fungsi untuk meningkatkan daya ingat otak.

Percobaan yang dilakukan memang masih sebatas kepada tikus. Namun, peneliti yakin jika efek yang sama akan terjadi pada manusia.

3. Mengobati Sifilis

Selama ratusan tahun, sarsaparilla dipercaya berkhasiat untuk mengobati penyakit sifilis dan lepra. Hal ini kemudian diperkuat oleh sejumlah penelitian, di mana para ilmuwan meneliti tak kurang dari 60 senyawa yang ada di dalam kandungan sarsaparilla.

Dari 60 senyawa yang diuji ke 6 jenis bakteri dan 1 jenis jamur, 18 senyawa di antaranya dinilai efektif membunuh bakteri tersebut, sedangkan satu senyawa berhasil mematikan jamur.

4. Mengobati Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi di mana kulit menjadi bersisik dan terdapat bercak merah yang terasa nyeri. Psoriasis disebabkan oleh adanya penumpukan sel kulit mati.

Sarsparilla adalah solusi untuk mengatasi psoriasis. Manfaat sarsaparilla untuk kesehatan kulit ini dikarenakan adanya kandungan senyawa steroid saponin yang dapat memproduksi endotoksin untuk mengikat toksin.

Selain psoriasin, masalah kulit lainya yang bisa diatasi dengan mengonsumsi sarsaparilla adalah ruam, luka, dan eksim.

5. Anti-inflamasi

Sarsaparilla juga memiliki zat yang sifatnya antiinflamasi. Ini menjadikan sarsaparilla berkhasiat untuk menyembuhkan sejumlah penyakit yang berhubungan dengan tulang dan sendi, seperti reumatik, arthritis, dan encok.

Baca Juga: 10 Manfaat Teripang Emas untuk Kesehatan

6. Menambah Hormon Testoteron

Kandungan senyawa steroid berupa saponin yang ada pada sarsaparilla juga menjadikan tumbuhan ini efektif dalam meningkatkan dan mengendalikan kadar hormon testoreron di dalam tubuh.

7. Menjaga Fungsi Hati (Liver)

Sarsaparilla yang biasa dikonsumsi dalam bentuk teh dan minuman bersoda ini juga memiliki manfaat untuk menjaga fungsi hati. Manfaat sarsaparilla tersebut disebabkan oleh adanya kandungan flavonoid yang memang kegunaannya untuk merawat dan memperbaiki fungsi hati.

8. Anti-Kanker

Siapa sangka, manfaat minuman sarsaparilla juga terkait dengan pencegahan dan pengobatan penyakit serius seperti kanker. Sarsaparilla adalah salah satu alternatif yang bisa Anda pilih untuk mencegah timbulnya sel kanker di dalam tubuh.

Sarsaparilla mempunyai zat anti-tumor yang mampu mencegah terjadinya kanker hati dan kanker payudara. Namun, penelitian terhadap potensi  manfaat sarsaparilla ini baru dilakukan melalui medium tikus sehingga perlu penelitian lebih lanjut dengan objek manusia untuk memastikan khasiatnya tersebut.

9. Mengoptimalkan Fungsi Suplemen

Atas dasar manfaat sarsaparilla yang begitu besar, tanaman ini kerap dikombinasikan dengan jenis obat herbal lainnya guna mengoptimalkan khasiat obat tersebut dalam menyembuhkan sejumlah penyakit tertentu. Sekali lagi, ini karena senyawa steroid saponin yang dimiliki oleh sarsaparilla. Saponin dinilai mampu membuat suplemen atau obat herbal dapat menyerap dengan baik ke dalam tubuh.

Efek Samping Minum Sarsaparilla

Sarsaparilla biasa diolah menjadi minuman teh, atau minuman bersoda sebagaimana yang tadi dibahas di awal. Kendati sudah jarang ditemui, minuman sarsaparilla tetap mempunyai penikmat setia. Rasa minuman sarsaparilla yang manis bercampur pedas dan aroma jamu memberikan cita rasa yang unik, di samping adanya manfaat minuman sarsaparilla tersebut.

Tidak ada penjelasan secara medis apakah meminum sarsaparilla terlalu sering dapat memberikan dampak atau efek samping negatif. Hanya perlu diingat, saponin yang menjadi kandungan utama sarsaparilla, jika dikonsumsi secara berlebihan ditengarai dapat menyebabkan iritasi lambung.

Tak hanya itu, minum sarsaparilla juga tidak disarankan bagi para ibu hamil dan menyusui. Belum ada penjelasan medis yang kuat terkait hal ini, tapi alangkah baiknya Anda yang tengah hamil maupun menyusui menghindari diri dari konsumsi saparella. Atau, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter jika masih tetap ingin merasakan manfaat sarsaparilla. Semoga bermanfaat!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi