DokterSehat.Com– Mual dan muntah bisa dialami siapa saja. Ada berbagai kondisi yang menyebabkan kita mengalami mual muntah. Misalnya, sakit, ada gangguan pencernaan atau bahkan mabuk perjalanan. Lalu apa saja makanan yang bisa mengatasinya mual muntah ini?

doktersehat-mual-muntah

Menurut data dari American Academy of Family Physicians, penyebab paling sering terjadinya mual dan muntah di antaranya adalah: keracunan makanan, gangguan pada pencernaan akibat infeksi, penyakit pencernaan dan gangguan psikologis, seperti adanya tekanan pikiran.

Untuk menangani ini, selain dari segi farmakologis, asupan makanan juga bisa membantu mengurangi munculnya rasa mual dan muntah.

Atasi Mual Muntah dengan Makanan

Menurut pakar kesehatan dari University of Athens Medicine Yunani, Nikolaos Kastsilambors dalam bukunya, menyebutkan beberapa makanan yang dapat mengatasi mual dan muntah adalah:

1.Minuman dingin

Minuman dingin akan membantu timbulnya rasa mual sehingga tubuh akan terasa lebih baik.

2. Minuman berkarbonasi

Minuman soda dingin atau es batu memberikan rasa dingin dan sensasi soda yang bisa membantu mengurangi rasa mual.

3. Tidak minum bersamaan dengan waktu makan

Hal ini akan membuat lambung tidak nyaman. Jika ingin minum maka minumlah dalam jumlah sedikit dan dalam jangka 1-2 jam setelah makan.

4. Pilih camilan yang kering dan tidak berminyak

Misalnya biskuit, krakers atau roti bakar, dibandingkan dengan gorengan. Camilan yang kering tidak menimbulkan rasa mual.

5. Pilih makanan yang dingin dan tidak berbau tajam

Jika memungkinkan dan tidak menimbulkan mual mengonsumsi makanan dingin misalnya es krim bisa membuat tubuh lebih nyaman.

6. Makan dalam jumlah kecil

Makan langsung dalam jumlah banyak dapat meningkatkan risiko mual. Jadi sebaiknya makan sedikit namun lebih sering.

7. Tidak memilih makanan yang menganggu pencernaan

Makanan berlemak, kopi, dan sayur yang mengandung gas, misalnya kubis dan sawi, dapat menganggu kerja lambung sehingga bisa menyebabkan mual muntah.

8. Tidak mencium bau makanan berlebihan dan tidak tidur setelah makan

 

Mencium bau masakan saat diolah atau disajikan bisa jadi membuat tubuh merasa mual, sedangkan tidur setelah makan bisa meningkatkan risiko asam lambung naik dan menyebabkan muntah.

Ada cukup banyak jenis makanan yang terbukti mampu mengatasi dan mencegah mual dan muntah. Jadi saat mengalami mual dan muntah, asupan zat gizi untuk tubuh bisa tetap terpenuhi melalui pemilihan makanan tersebut, ya!