8 Makanan Terbaik Untuk Makan Malam

roti-gandum-diabetes-doktersehat
Photo Source: Flickr/Marco Verch

DokterSehat.Com– Banyak orang yang mengaku sangat memperhatikan kebiasaan makan malam. Hal ini disebabkan oleh adanya anggapan yang menyebut kebiasaan makan malam yang tidak sehat bisa menyebabkan kenaikan berat badan dan risiko terkena penyakit lainnya. Selain memastikan waktu makan tidak dilakukan terlalu larut, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk memilih makanan yang tepat untuk makan malam.

Beberapa makanan yang cocok untuk dikonsumsi di malam hari

Tak hanya membuat perut kenyang agar kita bisa tidur nyenyak di malam hari, kita juga harus memperhatikan nutrisi dan kandungan dari makanan yang kita konsumsi.

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa kita konsumsi di malam hari.

  1. Telur rebus

Telur adalah salah satu makanan dengan kadar nutrisi yang tinggi. Salah satu kandungannya yang baik bagi kesehatan adalah protein. Kandungan ini bisa membantu kita merasa kenyang meskipun porsi makanan yang kita konsumsi tidak banyak. Dengan porsi makan yang terkendali, maka kita pun akan lebih baik dalam menurunkan berat badan, bukan?

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi telur rebus yang tidak diolah dengan minyak demi mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

  1. Sereal yang kaya akan serat

Sereal lebih sering dianggap sebagai makanan untuk sarapan. Padahal, sereal sebenarnya bisa dikonsumsi kapan saja, termasuk di malam hari. Kandungan seratnya yang tinggi akan membuat tubuh lebih mudah kenyang sekaligus menyehatkan saluran pencernaan. Rutin mengonsumsi sereal tinggi serat seperti yang terbuat dari gandum akan membantu proses penurunan berat badan dengan efektif.

  1. Kacang almond

Kacang-kacangan memang bisa dijadikan camilan yang baik bagi kesehatan. Salah satu jenis camilan yang bisa kita konsumsi di malam hari adalah kacang almond yang kaya akan kandungan protein dan serat. Rutin mengonsumsinya bisa membantu perut kenyang, menyehatkan jantung, dan menjaga berat badan tetap ideal.

  1. Susu cokelat

Susu cokelat yang tinggi kalsium ternyata sangat cocok untuk dikonsumsi di malam hari. Kandungan vitamin D-nya juga bisa membantu tulang menjadi lebih sehat. Selain itu, susu juga bisa membantu kita tidur dengan lebih nyenyak. Hanya saja, pastikan bahwa susu tidak diberi tambahan gula demi mendapatkan manfaat sehatnya.

  1. Teh hijau

Teh hijau dikenal luas sebagai minuman yang tinggi antioksidan yang bisa melawan paparan buruk radikal bebas penyebab penyakit pada organ kardiovaskular. Kandungan ini juga bisa mencegah datangnya kanker. Selain itu, rutin minum teh hijau di malam hari bisa membantu mengatasi stres sekaligus menurunkan berat badan dengan efektif.

  1. Yoghurt

Yoghurt yang menyegarkan tinggi kandungan protein namun rendah kandungan gula. Mengonsumsinya di malam hari akan membuat perut menjadi kenyang sekaligus membantu menurunkan berat badan dengan efektif. Makanan dengan rasa yang cenderung masam ini juga sangat baik bagi kesehatan saluran pencernaan.

  1. Selai kacang

Jika kita ingin menikmati roti sebagai menu makan malam, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi roti gandum dengan tambahan selai kacang. Roti gandum yang kaya akan serat bisa membantu tubuh lebih mudah kenyang sekaligus menyehatkan pencernaan. Sementara itu, selai kacang yang kaya akan protein nabati bisa menyehatkan otot sekaligus menyehatkan organ kardiovaskular karena memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal.

  1. Buah ceri

Buah ceri memiliki kandungan yang merangsang tubuh memproduksi hormon melatonin, hormon yang bisa membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Kandungan antioksidan di dalam buah ini juga bisa membantu tubuh mencegah datangnya penyakit.