Terbit: 28 Januari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Vitamin B1 atau tiamin adalah salah satu vitamin yang berguna dalam mengubah karbohidrat menjadi energi bagi tubuh, terutama sistem saraf dan otak. Apabila Anda kekurangan vitamin B1, hal itu bisa menyebabkan sindrom Wernicke-Korsakof dan penyakit beriberi. Lantas, apa saja sumber vitamin B1 yang harus Anda tahu?

11 Bahan Makanan yang Bisa Menjadi Sumber Vitamin B1

Sumber Vitamin B1

Sebelum menjelaskan mengenai sumber vitamin B1, perlu Anda ketahui bahwa vitamin B sendiri memiliki fungsi mengubah asupan karbohidrat menjadi energi. Karena vitamin B1 larut air, vitamin ini akan dibawa oleh aliran darah untuk disalurkan ke seluruh tubuh, khususnya untuk menjaga fungsi sistem saraf, otot dan jantung, agar bekerja dengan maksimal.

Setiap harinya tubuh membutuhkan asupan vitamin B1 sebanyak 1 mg untuk pria dan 0,8 mg untuk wanita. Mengingat jumlah vitamin B1 dapat Anda dapatkan dari asupan sehari-hari, sehingga pada umumnya Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen tambahan.

Guna mendapatkan manfaat dari makanan yang mengandung vitamin B1, Anda bisa mengonsumsi makanan seperti roti dari biji-bijian utuh, buah-buahan segar dan kering, telur, susu, daging sapi, serta sayuran seperti kacang polong. Berikut adalah sumber vitamin B1 lainnya yang harus Anda tahu, di antaranya:

1. Sereal dengan fortifikasi vitamin B1

Satu porsi saji sereal dengan fortifikasi vitamin B1, akan memenuhi seluruh kebutuhan vitamin B1 harian Anda, yaitu sebesar 1,5 mg. Angka ini setara dengan 6-10 sendok makan sereal kering.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

2. Nasi putih

Sumber vitamin B1 sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia berikutnya adalah nasi. Setengah centong nasi putih memiliki kandungan vitamin B1 yang cukup tinggi yaitu sebesar 1,4 mg.

3. Kacang hitam dan kacang hijau

Setengah porsi kacang hitam, atau setara dengan 3-4 sendok makan, memiliki 0,4 mg kandungan vitamin B1. Kacang hitam adalah kacang-kacangan yang menjadi sumber vitamin B1.

Selain itu, dalam 100 gram kacang hijau terdapat 0,47 mcg vitamin B1. Kacang hijau ini banyak ditemukan di Indonesia. Bentuk olahan menjadi makanannya pun banyak macamnya seperti bubur kacang hijau atau ketan roti kacang hijau.

Manfaat kacang hijau antara lain membantu penyerapan protein ke dalam tubuh, meningkatkan nafsu makan, dan memaksimalkan fungsi saraf.

5. Ikan tuna

Sumber vitamin B1 berikutnya bisa Anda dapatkan dari ikan tuna. Satu sampai dua potong atau 60-80 gram ikan tuna, dengan metode masak yang tidak berminyak atau berkuah, memiliki 0,2 mg kandungan vitamin B1.

6. Makaroni

3-4 sendok makaroni matang memiliki kandungan vitamin B1 yang sama besarnya dengan ikan tuna.

7. Nasi merah

Selain nasi putih, sumber vitamin B1 juga bisa didapatkan dari nasi merah. Kandungan vitamin B1 pada nasi merah tidak sebanyak pada nasi putih yaitu sebesar 0,1 mg vitamin B1.

8. Biji bunga matahari

Banyak orang tidak menyangka bahwa sumber vitamin B1 juga bisa didapatkan dari biji bunga matahari. Dalam 5-8 sendok makan biji bunga matahari terdapat kandungan vitamin B1 yang sama besarnya dengan kandungan pada makaroni.

9. Daging dan hati sapi

Menjadi sumber protein, vitamin B, dan mineral seperti zinc, fosfor, selenium, dan zat besi yang baik dan penting untuk tubuh, daging sapi juga mengandung berbagai jenis lemak, terutama lemak jenuh dan lemak tidak jenuh tunggal.

Selain dagingnya, hati sapi banyak mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, hati sapi bisa menyumbangkan kolesterol pada tubuh dengan jumlah tinggi. Hal ini disebabkan karena hati adalah organ yang memproduksi kolesterol sekaligus menyimpannya. Jika Anda mengonsumsi hati sapi seberat 85 gram, itu berarti ada asupan kolesterol sebanyak 331 mg. Jumlah itu sudah melebihi kebutuhan kolesterol dalam satu hari.

10. Kacang kedelai

Dalam 100 gram kacang kedelai rebus mengandung sekitar 17 gram protein, 10 gram karbohidrat, dan 173 kalori. Selain itu, nutrisi yang tidak kalah pentingnya adalah kandungan seratnya

Selain itu, kacang kedelai juga kaya akan mineral seperti tembaga, fosfor, kalium,  selenium, mangan, magnesium, zat besi dan beberapa vitamin seperti vitamin B1, B6, folat dan vitamin K

11. Brokoli

Dalam 100 gram brokoli Anda bisa mendapatkan 10 mcg vitamin B1. Meski memili bentuk yang kecil, brokoli kaya akan kandungan gizi. Brokoli bermanfaat untuk melawan berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat dan sejumlah kanker lainnya

Nah, itulah sumber vitamin B1 yang harus Anda tahu dalam rangka menjaga kondisi tubuh tetap optimal.

Manfaat Vitamin B1 bagi Kesehatan

Setelah Anda mengetahui sumber vitamin B1 seperti di atas, kini saatnya bagi Anda untuk mengenal lebih jauh mengenai manfaat vitamin B1, di antaranya:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Banyak atlet yang mengandalkan suplemen tiamin untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya. Selain menjaga sistem imun tubuh, manfaat vitamin B1 dalam bentuk suplemen juga dapat membantu meringankan berbagai penyakit seperti sariawan, katarak, diabetes, gangguan ginjal pada pasien diabetes tipe 2 dan kanker.

2. Menurunkan stres

Vitamin B1 sering kali disebut sebagai vitamin antistres. Menurut pakar kesehatan, asupan tiamin dapat membantu mengendalikan suasana hati dan gangguan fisiologis akibat stres. Asupan vitamin B1 yang cukup membuat seseorang tidak mudah stres dan lebih sanggup untuk melawan stres.

3. Meningkatkan fungsi kognitif

Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa vitamin B1 dapat membantu memperbaiki fungsi otak, khususnya pada penderita penyakit Alzheimer.

Nah, itulah beberapa manfaat vitamin B1 yang bisa Anda dapatkan. Selain lewat makanan, Anda juga bisa mendapatkan manfaat vitamin B1 lewat suplemen. Akan tetapi, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui dosis yang tepat. Secara umum, penggunaan suplemen vitamin B1 dianggap aman bila digunakan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Pada akhirnya, supaya manfaat vitamin B1 dapat diserap secara maksimal, hindari minum teh dan kopi bersamaan dengan makan makanan sumber vitamin B1. Pasalnya, kopi dan teh mengandung tanin, bahan kimia yang dapat mengganggu penyerapan vitamin B1 dalam tubuh.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi