Terbit: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagaimana cara Anda mencuci sayur berdaun biasanya? Seperti yang kita ketahui sayur berdaun dalam bentuk segar umumnya kita siapkan dalam jumlah yang cukup banyak, karena proses pemasakan akan membuat ukurannya berkurang. Untuk itu cara pencuciannya harus tepat agar semua bagian bisa dipastikan bersih. Kira-kira bagaimana cara mencuci sayur berdaun dengan tepat?

7 Tips Mencuci Sayur Berdaun yang Benar

Dietitian dari Academy Nutrition and Dietetic, Jackie Newgent, menyebutkan bahwa ada tujuh langkah yang perlu kita lakukan agar sayur berdaun dapat dipastikan kebersihannya, yaitu:

1. Pastikan tangan Anda bersih

Cuci terlebih dahulu tangan Anda dengan sabun, paling tidak selama 20-30 detik dan bilas dengan air mengalir.

2. Potong bagian yang rusak

Buang terlebih dahulu bagian daun, batang yang tampak rusak, atau busuk pada sedikit bagian. Potong dan segera jauhkan dari sayur yang masih baik atau bahan makanan lain agar tidak menyebabkan kontaminasi.

3. Cuci sesaat sebelum akan mengolah sayur

Jika sayur berdaun masih akan Anda simpan, utamanya sayur dengan label “siap makan”, Anda tetap dianjurkan untuk mencucinya, namun jika akan dikonsumsi saja. Mencuci sayur berdaun sebelum menyimpannya dalam kulkas justru akan meningkatkan risiko adanya bakteri pada daun. Jika sayur dengan label siap makan akan langsung Anda konsumsi maka Anda tidak perlu mencucinya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

4. Potong bagian inti sayur

Sebelum mencuci, potong inti sayuran atau bagian tengah sayur. Misalnya pada daun kubis atau selada. Hal ini agar kita bisa melepas seluruh bagian daun dan semua bagiannya tercuci dengan bersih.

5. Cuci sayur yang sudah terpisah pada mangkok

Beberapa jenis sayur berdaun umum disediakan di pasaran dalam kemasan dan tidak lagi berbentuk utuh sehingga hanya tinggal bagian daun saja. Untuk mencuci sayur seperti ini maka sediakan mangkok berisi air dingin, aduk selama 30-60 detik, tiriskan. Lalu ulangi hingga 2-3 kali dengan air yang telah diganti.

6. Tidak mencuci daun dengan sabun, deterjen atau cairan pemutih

 

US Food and Drug Administration melarang penggunaan bahan kimia yang tidak sesuai untuk makanan. Umumnya penggunaan bahan kimia tersebut meningkatkan risiko menempelnya residu pada makanan utamanya sayur berdaun.

7. Mengeringkan sayur berdaun pada handuk atau kertas tisu

Untuk mengurangi air pada bahan, letakkan sayur pada handuk atau lap bersih atau kertas tisu makanan. Hal ini akan mampu mengurangi air yang menempel pada sayu sebelum diolah atau dimasak.

Nah, itu dia tujuh tips mencuci sayur berdaun dengan benar, kira-kira sudahkah Anda mencuci sayur berdaun dengan cara diatas?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi