Terbit: 22 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Sifilis adalah penyakit yang sering diidentikkan dengan pria. Namun, wanita pun bisa mengidap menyakit berbahaya ini. Kalau mereka melakukan hubungan seks yang tidak sehat dan aman dengan pria pengidap sifilis, penularan bisa terjadi dengan mudah. Virus bisa menyebar dengan cepat melalui aktivitas seks vaginal atau anal.

7 Tanda Sifilis pada Wanita yang Harus Diwaspadai

Sifilis sebenarnya mudah disembuhkan kalau wanita segera mengetahuinya. Namun, kalau mereka tidak tahu, penyakit bisa terus ada di dalam tubuh meski tidak memberikan gejala apa-apa. Berikut tanda sifilis pada wanita yang wajib diwaspadai.

1. Memar yang tidak sakit di vagina

Sekitar 3-6 minggu setelah infeksi, bagian vagina akan mengalami memar atau seperti bisul kecil yang berwarna merah. Kondisi ini tidak menyebabkan sakit atau sakitnya hanya sedikit saja.

2. Demam dan pembengkakan kelenjar limfa

Wanita yang mengalam gejala sifilis ringan biasanya kerap mengalami demam. Suhu tubuh akan naik sekitar 1 derajat sebelum, kembali normal seperti biasa. Selanjutnya pembengkakan juga terjadi di kelenjar limfa meski efeknya tidak terlalu banyak.

3. Bercak merah pada kulit

Kalau bercak merah aneh sering muncul pada kulit dan jumlahnya terus banyak, segera periksakan kesehatan. Kondisi ini juga tanda dari sifilis pada wanita.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

4. Rasa sakit di mulut, anus, dan vagina

Memasuki tahap kedua dari infeksi sifilis, tubuh akan mengalami sakit di dalam mulut, anus, dan vagina. Kondisi ini akan semakin parah kalau tidak segera ditangani.

5. Rambut rontok secara tidak normal

Wanita memang kerap mengalami rontok pada rambut, tapi adakalanya rontok yang terjadi tidak normal dan ada pas satu sisi saja. Kalau hal ini terjadi, segera periksakan kesehatan.

6. Penurunan berat badan

Pada tahap kedua infeksi sifilis, wanita akan mengalami penurunan berat badan hingga 2 kilo. Penurunan berat badan ini tidak signifikan sehingga sering tidak terlihat.

7. Gangguan otak

Infeksi terakhir dari sifilis bisa menyerang otak. Sekitar 10 persen wanita bisa alami meningitis dan inflamasi pada otak.

Semoga tanda di atas bisa kita gunakan sebagai acuan dan berjaga-jaga ya!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi