Terbit: 1 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kanker adalah penyakit berbahaya yang bisa muncul di berbagai organ di dalam tubuh. Cara terbaik untuk mengatasi kanker adalah dengan mengetahui gejalanya. Kalau sudah tahu gejalanya, kanker bisa segera dirawat agar stadiumnya tidak lanjut dan susah disembuhkan.

7 Tanda Kanker pada Pria yang Tidak Boleh Diabaikan

Pada pria, gejala dari kanker sedikit susah untuk diketahui. Meski demikian, Anda bisa mengatasinya dengan mengetahui beberapa tanda di bawah ini.

1. Berat badan turun tanpa diet dan latihan

Apabila Anda mendapati berat badan turun tanpa ada diet atau latihan, sebaiknya curiga. Meski ada peluang berat badan turun karena stres atau hal lain, tidak ada salahnya kan untuk memeriksakan diri?

2. Perubahan pada dada

Dada pria cenderung lebih kecil daripada wanita. Kalau ada perubahan berupa pembesaran dan muncul benjolan sebaiknya waspada. Bisa jadi kanker payudara sedang berkembang dan mulai melemahkan tubuh.

3. Sering nyeri tubuh

Nyeri pada tubuh bisa jadi karena Anda kelelahan. Namun, kalau sering lelah padahal tidak melakukan apa-apa, bisa jadi kanker tulang sedang menyerang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

4. Perubahan testis

Testis memang tidak memiliki ukuran yang sama baik yang kiri atau kanan. Namun, kalau perbedaan ukurannya terlalu jauh dan muncul rasa sakit, waspadai kanker testis.

5. Sering depresi

Jika pria sering depresi tanpa sebab yang jelas bisa jadi tanda kaker pankreas. Kanker yang muncul pada organ itu mengganggu kerja hormon di dalam tubuh.

6. Susah bernapas

Kalau Anda adalah perokok aktif dan sering susah bernapas dan dada terasa sakit, ada kemungkinan kanker paru-paru sedang muncul dan berkembang.

7. Sering lelah tanpa sebab

Sering lelah tanpa sebab juga merupakan tanda kanker yang susah ditebak. Biasanya seseorang dengan kanker darah mengalami kondisi ini.

Kalau tujuh tanda di atas muncul, segera lakukan pengecekan ya. Lebih baik waspada sejak awal daripada menyesal kemudian.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi