7 Tameng Ini Menghalau Risiko Penyakit Jantung Koroner

doktersehat-jantung-dada

DokterSehat.Com– Setiap tahun sebanyak 73.000 orang meninggal karena penyakit jantung koroner, yang membuatnya menjadi pembunuh terbesar seperti di Inggris. Setiap tujuh menit seseorang akan mengalami serangan jantung.

Namun ada banyak cara untuk mengurangi risiko penyakit jantung koroner. Selain bulannya Valentine, Februari menjadi bulan Jantung Nasional, sekarang adalah saat yang tepat untuk memulai menghindari penyakit mematikan ini dengan mencoba tujuh tips, seperti dilansir dari Mirror, berikut ini:

doktersehat-diet-anoreksia

1. Perhatikan Berat Badan Anda
British Heart Foundation memperingatkan bahwa berat badan ekstra di sekitar perut Anda adalah indikator kunci untuk mengembangkan masalah kesehatan, karena sel-sel lemak menghasilkan racun yang dapat merusak Anda.

Menjaga ukuran pinggang Anda di bawah 80 sentimeter atau 32 inci untuk wanita dan 94 sentimeter atau 37 inci untuk pria akan membantu menurunkan risiko penyakit jantung Anda.

alkoholisme-kecanduan-alkohol
Photo Credit: SteadyHealth

2. Kurang Minum Alkohol
Lebih dari sepertiga pria dan seperempat wanita minum terlalu banyak. Dan pesta minuman keras sangat buruk bagi jantung Anda. Alkohol penuh dengan kalori dan bisa menambah lingkar pinggang dan tekanan darah Anda.

Minum berat bisa melemahkan otot jantung sehingga memompa darah dengan kurang efisien, dan menyebabkan irama jantung tidak normal.

doktersehat-olahraga-senam

3. Perbanyak Olahraga
Jika Anda memulai meningkatkan kebugaran Anda di tahun baru ini, tetapkanlah. Satu studi mengatakan bahwa ini adalah “obat ajaib” untuk sejumlah masalah kesehatan.

Latihan meningkatkan sirkulasi, dapat meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi yang buruk, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi ketegangan pada jantung Anda.

Berolahraga selama 30 menit dengan aktivitas cukup intens lima hari dalam seminggu. Anda tidak perlu menyewa pelatih pribadi. Coba jalan cepat, menari, bersepeda atau bercinta —juga merupakan olahraga.

doktersehat-garam-dapur-yodium-gizi

4. Kurangi Garam
Terlalu banyak garam dapat meningkatkan tekanan darah dengan membuat tubuh Anda menahan air. Arteri yang membantu jantung kemudian menjadi sempit dan mengeras dengan plak.

Menghindari garam pada makanan olahan untuk mengontrolnya dan hindari menambahkannya dalam masakan atau saat makan. Cobalah bawang putih, merica atau jeruk sebagai pengganti garam.

doktersehat-rokok

5. Berhenti merokok
Merokok menyebabkan hampir sepersepuluh kasus penyakit kardiovaskular, satu faktor risiko terbesar. Ini karena rokok merusak lapisan arteri Anda.

The British Heart Foundation mengatakan berhenti merokok adalah hadiah terbesar yang bisa Anda berikan pada jantung Anda. Menghubungi dokter umum Anda untuk mendapatkan bantuan.

doktersehat-salmon
pic credit: jules

6. Konsumsi Makanan Super
Diet seimbang dapat mengurangi risiko penyakit jantung Anda, beberapa makanan super juga membantu jantung.

Salmon dan ikan berminyak lainnya adalah makanan super sejati untuk kesehatan jantung karena mengandung banyak asam lemak omega 3, yang terbukti mengurangi risiko detak jantung tidak teratur dan pembentukan plak di arteri.

Blueberry, stroberi dan buah lainnya dapat menurunkan tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah.

doktersehat-pasta-gigi-bahan-alami

7. Jaga Kebersihan Gigi
Penyakit gusi tidak hanya buruk untuk gigi Anda, tapi juga terkait dengan masalah seperti penyakit jantung.

Bakteri masuk ke dalam darah, menempel pada endapan lemak di jantung, menyebabkan gumpalan dan serangan jantung.

Seringlah menjaga kebersihan dan menjalankan rutinitas pembersihan sehari-hari.