Terbit: 2 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tidak seperti zaman dulu, saat ini sudah banyak wanita yang tak ragu mengambil shift malam saat bekerja. Walau tidak semua bekerja di luar rumah, setidaknya bekerja di jam malam akan memberikan dampak tertentu pada kondisi tubuh. Kurangnya tidur, stress berlebih, dan makanan yang tidak sehat akan menimbulkan berbagai masalah, termasuk pada kulit.

7 Perawatan Kulit yang Perlu Dilakukan Jika Anda Kerja Shift Malam

Penyebab utama masalah kulit antara lain adalah kurangnya waktu untuk beristirahat dengan baik. Walau pekerja shift malam akan tidur pada jam siang, namun tetap saja hal ini tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh yang seharusnya beristirahat saat malam. Akibatnya, wajah akan mulai kusam dan terlihat lelah. Lalu bagaimana mengatasinya?

1. Minum Banyak Air

Hal paling penting yang harus dilakukan adalah minum banyak air, setidaknya 8 gelas sehari. Air akan memberikan kesegaran dan membantu menjaga kesehatan kulitmu.

2. Berjalan Kaki

Hal sederhana ini ternyata bisa membantu melancarkan sirkulasi darah. Selain membuat tubuh sehat, berjalan kaki juga bisa membantu menjaga kondisi kulit.

3. Makanan Sehat

Asupan sehat jelas sangat penting. Jangan sampai shift malam membuatmu makan sembarangan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

4. Lotion Tabir Surya

Walau tidak bepergian ke mana-mana saat siang, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya. Pasalnya, ada banyak pengaruh lingkungan yang tidak kamu tahu bisa mengancam kulit.

5. Tidur yang Berkualitas

Kulit akan melakukan perbaikan selama tidur. Karenanya, jangan biarkan tidurmu terganggu. Hindarkan berbagai macam gangguan, termasuk ponsel yang bisa membuat tidur kurang nyenyak.

6. Menggunakan Krim Under-eye

Begadang akan meninggalkan bekas hitam di sekitar mata. Karenanya jangan lupa menggunakan krim mata untuk membuat daerah tampak segar.

7. Menjaga Pencernaan

Makanan yang tak tercerna dengan baik tak hanya menyebabkan masalah kesehatan, namun juga menjadi penyebab jerawat. Karenanya, pastikan makananmu tercerna dengan baik. Makanlah maksimal 5 jam sebelum tidur karena tubuh membutuhkan waktu 6-8 jam untuk mencerna makanan.

Itulah beberapa cara agar Anda tetap tampak cantik walau harus menghabiskan sepanjang malam untuk bekerja. Walau sibuk bekerja, jangan sampai melupakan kesehatan dan kebutuhan tubuh dan kulit, ya!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi