10 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

delima_pomegranate_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/ancientartpodcast

DokterSehat.Com– Siapa sangka ternyata buah delima menyimpan keajaiban yang luar biasa untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Seperti dilansir dari One Green Planet, buah ini ternyata membawa banyak manfaat yang yang menakjubkan.

Fakta Menarik Buah Delima

Di Yunani kuno, diyakini bahwa buah delima adalah buah dari orang mati dan dibentuk dari darah Adonis, dewa keinginan dan kecantikan.

Biji buah delima sekilas seperti permata merona, dan memiliki kilau merah yang unik. Buah ini tumbuh di semak belukar dan tahan terhadap kekeringan. BUah delima diklasifikasikan sebagai buah beri, berbunga mulai di musim semi dan buah matang sekitar 6 hingga 7 bulan. Buah delima seperti nanas memiliki mahkota juga. Telah lama dikenal untuk menyembuhkan tubuh dan pikiran.

Hanya satu cangkir biji delima mengandung 7 gram serat dan 3 gram protein (dan 24 gram gula dan 144 kalori). Ini juga mengandung 18 gram vitamin C (30% dari RDA) dan 29 mikrogram vitamin K (36% dari RDA). Delima merah juga mengandung 16% dari RDA folat dan 12% dari RDA potassium.

Baca juga: Nutrisi Pada Buah Delima yang Baik untuk Rambut

Cara Makan Buah Delima

Kebanyakan orang hanya memakan biji atau aromanya dari buah delima. Saar memakan delima, rasa bijinya berair dan bergizi, dan satu buah delima dapat menyimpan lebih dari 600 biji! Anda juga bisa makan bagian putih di sekitar biji, tetapi itu cukup pahit. Jika Anda tergoda untuk mencoba makan atau jus seluruh buah delima (secara harfiah) – Anda pasti tidak ingin mencoba untuk mengonsumsi kulit luar yang keras.

Biji delima juga digunakan untuk membuat minyak biji delima, yang memiliki banyak efek kesehatan positif baik secara internal maupun eksternal.

Meskipun tidak ada dosis yang yang dianjurkan seberapa banyak mengonsumsi delima, Anda bisa makan 1,5 hingga 2 cangkir biji delima setiap hari.

Lalu apa saja manfaat buah delima? Simak ulasan berikut ini:

Khasiat Buah Delima

1. Face mask

Jika dicampurkan dengan bentonite atau Aztec clay, jus delima juga bisa memberikan manfaat yang membuat kulit semakin sehat. Caranya campurkan bahan-bahan tersebut dan gunakan sebagai masker. Buktikan sendiri hasilnya.

2. Sebagai eksfoliator

Biji delima merah bahkan bisa dimanfaatkan sebagai eksfoliator yang membersihkan kotoran dalam kulit. Tapi jangan lupa mencuci muka setelah eksfoliasi ya!

3. Dijadikan toner

Kombinasi jus delima merah dengan cuka apel ternyata sangat baik untuk kulit. Manfaatkan campurannya untuk toner, dan hasilnya akan sangat luar biasa.

4. Minyak pembersih

Membersihkan wajah bisa dengan cara apapun, termasuk dengan minyak pembersih. Buatlah minyak pembersih sendiri dengan minyak delima, dan Anda akan mendapat hasil yang sama hebatnya dengan minyak jojoba, castor, kelapa, alpukat, wijen, dan zaitun

Baca juga: Apa Saja Kandungan Gizi Delima?

5. Memperlambat penuaan 

Konsumsi delima setiap hari dipercaya bisa memperlambat penuaan. Kerutan akan berkurang karena delima merah memproduksi zat aktif yang bisa membantu regenerasi kulit dan memperbaiki kerusakan.

 

6. Mengatasi beberapa masalah kulit

Antioksidan dalam biji delima dapat mengatasi jerawat dan peradangannya. Sebanyak 2 sendok makan biji delima yang dihancurkan dan 1 sendok makan kunyit dapat menghasilkan manfaatnya. Anda hanya perlu menerapkannya ke area kulit yang terkena jerawat dan mencucinya dengan air dingin setelah 15 menit.

Aplikasi minyak biji delima dikenal dapat membantu menyembuhkan eksim dan psoriasis. Dan daun delima mungkin juga membantu mengelola vitiligo – beberapa sumber mengatakan mencampur daun delima yang dihancurkan dengan air dan meminumnya dapat membantu meringankan kondisi. Namun periset masih membutuhkan lebih banyak penelitian.

Khasiat buah delima juga dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari paparan sinar matahari, dan ini dapat membantu dalam mengobati melasma. Makan buah delima setiap hari juga dapat membantu mengobati rosacea, berkat sifat anti-inflamasi pada buah delima – yang menghambat aktivitas peradangan sel mast manusia (sejenis sel darah putih).

7. Mencegah kanker Kulit

Delima juga mengandung bahan antioksidan kuat dan mampu mencegah tumor. Delima yang dihancurkan dan dioleskan ke kulit akan bermanfaat mencegah pertumbuhan kanker.

8. Pencegahan kanker prostat

Baru-baru ini peneliti menemukan bahwa manfaat delima dapat membantu menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker prostat. Meskipun beberapa studi tentang efek jus delima pada kanker prostat, hasilnya masih awal. Meskipun belum ada penelitian jangka panjang pada manusia yang membuktikan bahwa jus buah delima mencegah kanker atau mengurangi risiko.

9. Menghambat penyakit Alzheimer

Antioksidan dalam jus delima dan konsentrasinya yang tinggi diyakini dapat menghambat perkembangan penyakit Alzheimer dan melindungi ingatan.

Baca juga: 5 Manfaat Delima untuk Kesehatan Seks dan Reproduksi Pria

10. Menyehatkan pencernaan

Jus buah delima dapat mengurangi peradangan di usus dan memperbaiki pencernaan. Ini mungkin bermanfaat bagi orang-orang dengan penyakit Crohn, kolitis ulseratif, dan penyakit radang usus lainnya.

Itulah beberapa khasiat delima yang mengagumkan. Tak hanya enak dimakan dan memiliki wangi yang begitu harum, ternyata buah ini juga bisa menjaga dan menunjang penampilan Anda. Tidak ada salahnya mulai mengonsumsinya mulai sekarang kan, Teman Sehat?