Terbit: 5 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Makan makanan sehat tentu penting bagi pria dan wanita. Namun ada beberapa makanan tertentu yang baik bagi kesehatan wanita sehingga dapat membantu mempermudah kehamilan dan mencegah penyakit berbahaya seperti kanker payudara serta kerapuhan tulang.

7 Makanan yang Baik Bagi Wanita

Dilansir dari laman WebMD, berikut ini pilihan makanan yang baik dikonsumsi para wanita:

Edamame
Edamame merupakan makanan jenis kacang-kacangan yang kaya serat, memiliki lemak yang baik dan kaya isoflavon. Isoflavon bermanfaat untuk mencegah penyakit tulang, menurunkan kolesterol jahat dan membantu mengatasi vagina kering saat menopause.

Kale
Seikat kale tidak hanya kaya serat, namun juga kaya akan vitamin K, vitamin A dan C, serta kalsium dan vitamin D yang akan menjaga tulang kuat dan sehat. Selain itu kale juga baik dikonsumsi semasa kehamilan karena mengandung asam folat.

Asparagus
Ingin camilan sehat dan juga lezat? Anda bisa mengonsumsi asparagus setengah cangkir perhari. Takaran tersebut cukup untuk memenuhi sepertiga kebutuhan kalsium per hari. Selain itu asparagus juga kaya akan folat yang baik dikonsumsi saat hamil.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Grapefruit
Dibandingkan dengan jeruk biasa, grapefruit atau jeruk bali merah lebih kaya akan flavonoid yang baik bagi kesehatan jantung. Selain itu grapefruit juga mampu membantu menurunkan berat badan dan dapat menurunkan kolesterol tinggi. Namun jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda karena beberapa obat tidak cocok untuk dikonsumsi bersamaan dengan grapefruit.

Pepaya
Pepaya kaya akan beta karoten dan likopen yang dikenal baik untuk mengurangi risiko kanker serviks dan kanker payudara. Selain itu pepaya juga berkhasiat untuk menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah sehingga baik untuk jantung.

Alpukat
Alpukat kaya akan lemak baik yang baik bagi diet dan dapat membantu mengikis lemak di perut. Alpukat juga baik bagi kulit dan mata serta mampu mengurangi kolesterol yang buruk dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

Ubi jalar
Ubi jalar kaya akan vitamin A yang baik bagi kulit, serta vitamin C, kalsium, pottasium, dan elektrolit yang penting untuk menjaga kesehatan sel dalam tubuh. Ubi jalar, jika diolah dengan baik dan tidak diberi tambahan mentega yang tinggi kalori.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi