15 Buah Penurun Kolesterol yang Bisa Anda Coba

buah-penurun-kolesterol-doktersehat

DokterSehat.Com – Bagi Anda penderita kolesterol tinggi, membatasi asupan lemak jenuh dan kalori adalah sesuatu yang sangat penting. Hal ini berguna untuk meminimalkan terjadi penyakit jantung, stroke, hingga gagal ginjal. Agar dampak buruk dari kolesterol tinggi itu tidak terjadi, langkah termudah yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi buah. Lantas, buah penurun kolesterol apa saja yang bisa dikonsumsi?

Buah untuk Menurunkan Kolesterol

Sebelum menjelaskan secara lengkap mengenai buah penurun kolesterol, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua buah bisa membantu untuk menurunkan kolesterol. Berikut adalah buah penurun kolesterol yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Jeruk

Jeruk memiliki kandungan vitamin C, kalsium, dan kandungan pektin yang tinggi, sehingga selain membuat rasa segar, jeruk juga bisa menurunkan kolesterol pada tubuh. Jeruk adalah buah yang kaya akan flavonoid, antioksidan yang memiliki efek untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL). Efek positifnya berikutnya adalah menurunnya risiko penyakit kardiovaskular.

2. Anggur

Buah yang menurunkan kolesterol berikutnya adalah anggur. Antioksidan quercetin yang terdapat di dalam anggur dipercaya dapat melawan peradangan yang ada di dalam tubuh. Selain itu, buah yang bisa menurunkan kolesterol ini mengandung senyawa flavonoid yang mampu mencegah penggumpalan darah dan menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Bahkan, zat catechin yang terdapat di dalam anggur dapat menaikan kolesterol baik (HDL) sekaligus menurunakn kolesterol LDL.

3. Apel

Apel memiliki kandungan pektin, karoten serta memiliki serat yang larut dalam air, sehingga bisa memperbaiki otot pencernaan dan membantu mendorong sisa-sisa makanan pada saluran pembuangan.

Selain dimakan langsung, apel juga bisa dibuat cuka. Konsumsi cuka apel dengan rutin dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL). Bagi penderita diabetes tipe 2, cuka apel bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin.

4. Alpukat

Alpukat adalah buah yang kandungan lemaknya lebih tinggi dibanding buah lainnya. Meski begitu, alpukat dipercaya menjadi buah yang bisa menurunkan kolesterol. Lemak tak jenuh tunggal yang ada di dalam alpukat bisa menurunkan kadar kolesterol jahat.

Selain itu, buah penurun kolesterol ini juga mengandung beta-sitosterol sejenis lemak nabati yang menyehatkan tubuh. Alpukat juga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama dan menurunkan kadar gula dalam darah. Sementara kandungan glutathione dipercaya dapat mencegah terjadinya penyakit jantung dan kanker.

5. Jambu biji

Jambu biji mengandung vitamin C, E, pektin, flavonoid, karotenoid, selenium, dan likopen, yang ampuh untuk menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Buah penurun kolesterol paling ampuh ini akan menunjukkan hasil yang terbaik apabila dikonsumsi selama 2 bulan dengan dosis yang terukur.

Sementara itu, kandungan serat larut air dan kalium yang di dalam jambu biji dapat menurunkan tekanan darah. Meningkatnya kolesterol HDL di dalam darah otomatis mencegah munculnya penyakit jantung.

6. Stroberi

Buah penurun kolesterol yang memiliki rasa asam ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan antioksidan di dalamnya berguna untuk melawan lemak jahat.

Selain stroberi, buah sejenis yang bisa Anda konsumsi adalah blueberry dan blackberry. Kedua buah tersebut juga dipercaya menurunkan kolesterol karena kandungan antioksidannya yang tinggi dan mencegah penumpukan plak pada arteri.

7. Pisang

Pisang adalah salah satu buah untuk menurunkan kolesterol yang mudah Anda dapatkan. Serat yang terkandung di dalamnya memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat. Menurut penelitian, serat pisang juga bisa menghambat pertumbuhan plak yang menempel di dinding pembuluh darah. Pembuluh darah yang terbebas dari plak maka jantung dan organ-organ tubuhnya lainnya akan terbebas dari masalah.

8. Buah zaitun

Zaitun adalah buah penurun kolesterol yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal dan vitamin E, kedua kandungan tersebut berguna untuk meningkatkan kadar kolesterol baik. Selain meningkatnya kadar kolesterol baik, buah zaitun kaya akan kandungan zat antioksidan (hydroxytyrosol) yang baik untuk kesehatan jantung.

Tidak hanya buahnya yang bermanfaat bagi tubuh, produk olahan yang bersumber dari buah zaitun seperti minyak zaitun juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Anda bisa mengonsumsinya dua sendok minyak zaitun sehari untuk mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.

9. Tomat

Tomat adalah buah untuk menurunkan kolesterol yang bisa dicoba. Tomat kaya akan senyawa likopen yang dapat mengurangi kolesterol LDL. Selain dipercaya memberikan manfaat pada penderita kolesterol tinggi, tomat juga bermanfaat untuk penderita maag.

10. Pisang

Vitamin dan serat yang ada di dalam pisang dipercaya dapat menurunkan kolesterol jahat dalam darah. Selain itu, kandungan kalium yang ada pada pisang juga membantu menurunkan tekanan darah.

11. Semangka

Buah yang memiliki banyak kandungan airnya ini ternyata dipercaya sebagai buah untuk menurunkan kolesterol. Kandungan likopen di dalamnya dapat membantu Anda menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

12. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan vitamin C, E, dan likopen. Sementara vitamin C dan E bisa menyatu dengan enzim yang disebut paraxonase, sehingga menghambat terjadinya oksidasi kolesterol di dalam pembuluh darah.

13. Pir

Pir adalah adalah buah penurun kolesterol yang merupakan sumber serat larut air yang sangat baik. Karbohidrat kompleks yang bernama pektin yang ada di dalam pir juga membantu membersihkan usus dan melancarkan buang air besar.

14. Mangga

Vitamin C yang terdapat pada mangga dapat mencegah kolesterol jahat teroksidasi yang bisa menjadi penyebab munculnya plak di pembuluh darah. Selain itu, mangga juga merupakan sumber serat yang dapat mengurangi  masuknya kolesterol ke dalam aliran darah pada tahap pencernaan.

15. Kiwi

Buah penurun kolesterol yang terakhir adalah kiwi. Apabila Anda mengonsumsi buah kiwi selama seminggu secara rutin maka kadar trigliserida dapat menurun dengan signifikan. Buah penurun kolesterol paling ampuh ini mengandung vitamin C, vitamin E, dan polifenol, yang bermanfaat bagi sistem kardiovaskular. Kiwi secara signifikan meningkatkan kolesterol HDL dan mengurangi kecenderungan pembekuan darah.

Nah, itulah beberapa buah penurun kolesterol yang bisa Anda konsumsi. Menurunkan kolesterol dengan bahan-bahan alami pada dasarnya harus dilakukan secara konsisten agar kadar kolesterol tetap terjaga dengan baik. Jika beberapa buah untuk menurunkan kolesterol sudah Anda konsumsi namun kadar kolesterol masih di atas normal, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter.