7 Langkah Bersihkan Make up dengan Benar

makeup-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/bandi

DokterSehat.Com– Membersihkan makeup memang terlihat mudah, namun apakah Anda sudah membersihkan wajah Anda dengan baik dan menyeluruh? Dilansir dari Allure, berikut ini 7 langkah tepat yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan makeup dengan baik dan benar.

Photo Credit: Flickr.com/bandi

1. Bersihkan Makeup dengan Pembersih

Pastikan pembersih muka Anda dapat dengan sempurna menghapus foundation dan make up yang menempel lainnya. Bersihkan dengan rata sampai bagian bawah dagu. Setelah itu, bilas atau sapu dengan bersih menggunakan air atau wash cloth, kapas atau sejenis. Lakukan dengan lembut ya, mengingat kulit wajah sangatlah sensitif.

2. Perlakukan Wajah dengan Lembut Saat Membersihkan Makeup

Membersihkan make up harus dilakukan dengan lembut. Jangan menggosok muka dengan keras. Melansir dari Allure, pastikan kulit wajah tidak mengalami iritasi dan dehidrasi setelah dibersihkan. Pilih kapas yang juga lembut, hapus make up dengan perlahan.

3. Steam Wajah sebelum Membersihkan Makeup

Jangan bayangkan satu kengerian ya, karena steam wajah tidak seseram itu. Anda cukup menyediakan wadah berisi air panas, dan handuk. Arahkan wajah Anda pada wadah tersebut lalu tutupi dengan handuk sampai tidak ada uap panas yang keluar. Uap panas bisa membuat pori-pori terbuka dan make up pun, yang menutupinya bisa terangkat dengan mudah. Tambahkan minyak esensial agar sekaligus seperti mendapatkan sensasi spa.

4. Perhatikan Daerah Mata

Harus diakui, mascara merupakan salah satu make up yang cukup sulit untuk dihapus. Tetapi, bukan berarti Anda boleh menggosoknya dengan keras. Ingat bahwa daerah sekitar mata sangat sensitif. Gunakan pembersih mascara, lalu usap secara perlahan. Lakukan usapan berkali-kali dengan lembut. Tidak perlu kasar.

5. Pastikan Tidak Ada Sisa Minyak Makeup yang Menempel

Selesai dengan sukses membersihkan area mata, Anda bisa kembali membersihkan kulit muka dengan cleanser. Bersihkan juga bagian di sekitar mata, agar esok harinya, tidak tersisa lingkaran hitam pada mata karena sisa mascara yang tidak dibersihkan dengan sempurna.

6. Pilih Pembersih Wajah Berbasis Minyak

Memilih pembersih juga berperan penting untuk membersihkan sisa makeup dengan benar. Untuk itu, Anda bisa memilih pembersih dengan kandungan minyak dominan. Terutama jika Anda menggunakan produk-produk makeup yang berpigmen dan sulit dibersihkan.

7. Jangan Gunakan Tissue Basah untuk Bayi

Laura Mercier dari Laura Mercier Cosmetic pada Allure mengatakan bahwa jangan gunakan tisu basah untuk bayi sebagai pembersih make up. Banyak yang beranggapan, bahwa produk tisu bayi bagus untuk kulit pantat bayi karena diciptakan untuk kulit yang sensitive. Sayangnya, yang perlu Anda ingat, Mercier mengatakan bahwa, pantat bayi tidak ditutupi riasan.

Membersihkan make up pada wajah, perlu siasat agar wajah tetap terjada kesehatannya setelah seharian ditutupi make up. Yuk dicoba!