Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kandung kemih pada wanita biasanya bisa menampung urine hingga 1000 mililiter. Kalau cairan ini sudah penuh, tubuh akan memerintahkan kandung kemih mengeluarkan cairan keluar dan membuat wanita jadi ingin kencing. Setelah cairan urine dikeluarkan, wanita akan kencing lagi kalau kandung kemih sudah penuh.

7 Kondisi yang Menyebabkan Wanita Sering Kencing Tanpa Sebab

Oh ya, karena beberapa kondisi atau masalah, wanita bisa saja kebelet kencing meski kandung kemih belum penuh. Kondisi ini bisa disebut dengan anyang-anyangan dan pada wanita disebabkan oleh tujuh kondisi di bawah ini.

1. Banyak minum

Bayak minum air putih mungkin tidak akan membuat wanita jadi anyang-anyangan. Namun, kalau wanita banyak minum sesuatu yang mengandung kafeina dan juga alkohol, keinginan untuk kencing akan berjalan dengan cepat.

2. Infeksi di kandung kemih

Infeksi saluran kemih khususnya yang terjadi di kandung kemih bisa menyebabkan wanita sering kebelet kencing. Kondisi ini bisa terjadi saat wanita mendapatkan kehamilan atau saat ada penularan virus tertentu ke vagina.

3. Turunnya level estrogen

Turunnya level estrogen bisa menyebabkan gangguan berupa anyang-anyangan. Saat kencing, wanita juga bisa mengalami rasa sakit dan ngilu di bagian pelvis.

4. Obat-obatan tertentu

Obat-obatan tertentu bisa menyebabkan gangguan berkemih pada wanita. Obat yang digunakan untuk menurunkan tekanan darah biasanya paling sering menyebabkan gangguan ini kalau dosis yang digunakan cukup tinggi.

5. Vaginitis

Vaginitis atau infeksi pada vagina yang disebabkan oleh bakteri biasanya menyebabkan wanita sering berkemih. Kondisi ini bisa diatasi dengan antibiotik dan menyembuhkan penyebabnya.

6. Hamil dan melahirkan

Wanita yang hamil dan melahirkan bisa membuat mereka sering ingin buang air kecil. Kondisi ini cukup normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

7. Batu di saluran kemih

Adanya batu di saluran kemih menyebabkan gangguan kencing pada wanita. Tekanan di dalam kandung kemih membuat wanita jadi sering anyang-anyangan.

Inilah beberapa hal yang menyebabkan wanita jadi sering kencing. Semoga ulasan di atas bermanfaat!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi