9 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Penting Bunda Siapkan

DokterSehat.Com– Sebagai calon ayah dan ibu, tentu Anda sudah tidak sabar menyambut kelahiran si kecil. Untuk mempermudah perawatan bayi ketika ia lahir, sebaiknya Anda sudah mulai mempersiapkan perlengkapan bayi sejak masa kehamilan. Lalu apa saja perlengkapan bayi baru lahir yang perlu disediakan?

Daftar Perlengkapan Bayi yang Baru Lahir

Berbelanja peralatan bayi saat hamil bisa jadi hal yang menyenangkan sekaligus memusingkan. Saat berada di toko keperluan bayi, semua barang akan tampak menggoda dan Bunda merasa membutuhkannya. Padahal, tidak semua keperluan bayi dibutuhkan.

Beberapa perlengkapan bayi baru lahir seperti peralatan makan bayi tentunya lebih baik dibeli ketika bayi sudah mendekati usia 5-6 bulan.  Untuk menghindari itu, berikut ini daftar perlengkapan baby yang perlu Bunda siapkan sebelum persalinan:

1. Popok bayi

Popok bayi merupakan hal yang penting untuk dipersiapkan bagi bayi baru lahir. Ada dua pilihan jenis popok yang bisa Anda gunakan, yaitu popok sekali pakai atau popok kain. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi si kecil.

2. Baju bayi

Selain popok, perlengkapan bayi baru lahir adalah baji bayi. Sediakan baju bayi yang berbahan katun dan mudah menyerap keringat untuk cuaca panas, dan sediakan juga baju bayi yang berbahan tebal yang bisa digunakan bayi saat cuaca dingin. Sediakan juga topi, jaket, kaos kaki dan kaos tangan bayi untuk membuat bayi tetap hangat.

3. Perlengkapan ganti popok

Beberapa perlengkapan ganti popok yang Anda perlukan antara lain alas ganti popok, tisu basah, dan krim untuk ganti popok. Pertimbangkan untuk membeli alas ganti popok yang bisa Anda bawa saat bepergian bersama bayi karena tidak di semua tempat perlengkapan bayi baru lahir menyediakan tempat untuk ganti popok bayi.

4. Tas perlengkapan bayi

Saat bepergian bersama bayi, perlengkapan bayi yang perlu dibawa bukan hanya tisu basah dan popok saja. Anda juga perlu membawa peralatan bayi berupa baju ganti, selimut, mainan, mungkin juga botol susu. Untuk membawa semua perlengkapan tesebut Anda membutuhkan tas yang cukup besar dan nyaman dipakai. Tidak harus khusus tas bayi, namun tas punggung juga bisa menjadi pilihan untuk aktivitas Anda.

5. Gendongan bayi

Saat ini tersedia banyak model gendongan yang tersedia di toko peralatan bayi, mulai dari gendongan instan, gendongan kain tradisional, gendongan kain model kanguru dan banyak lagi. Pilih model yang nyaman Anda gunakan ketika bepergian dengan si kecil.

6. Perlengkapan menyusui

Bra menyusui merupakan salah satu peralatan bayi yang sering terlupakan. Umumnya ibu fokus pada perlengkapan bayi namun lupa untul menyiapkan kebutuhan bagi dirinya sendiri. Belilah beberapa bra menyusui karena Anda mungkin membutuhkannya dalam jumlah banyak.

Perlengkapan menyusui lainnya yang harus disiapkan adalah:

  • Bantal menyusui: Bantal ini dapat membantu bunda menopang bayi dengan nyaman selama menyusui.
  • Oto: Oto digunakan jika bayi meludah dan mengeluarkan air liur – mungkin perlu menyediakannya lebih banyak.
  • Kain untuk gumoh: Anda dapat membawa barang-barang penting ini ke mana-mana untuk melindungi pakaian Anda dari gumaman bayi yang tak terhindarkan dan tumpahan cairan lainnya.
  • Krim puting: Menyusui dapat mengeringkan kulit halus puting Bunda, dan krim puting dapat mengurangi kekeringan, menyembuhkan kulit yang pecah-pecah, dan menenangkan rasa sakit.
  • Pompa ASI: Jika menyusui secara eksklusif, pemompaan harus disiapkan untuk menjaga kelebihan ASI pada payudara Bunda.
  • Susu formula: Jika tidak dapat atau tidak berencana untuk menyusui secara ekslusif, ada banyak pilihan susu formula untuk dipilih – bicarakan dengan dokter bila ingin menggunakan susu formula.
  • Botol dan dot bayi: Bahkan jika menyusui secara eksklusif, Bunda pasti ingin membawa botol dan dot bayi dari rumah jika berencana untuk memompa ASI. botol 4 ons sehari.

7. Tempat tidur bayi

Siapkan tempat tidur bayi yang dapat digunakan hingga bayi berusia balita atau ketika bayi berusia lebih besar. Pilihlah peralatan bayi ini dengan bahan yang kuat dan tahan lama dan warna netral agar bisa digunakan dalam jangka panjang.

8. Pelengkapan untuk kesehatan bayi

Pelengkapan bayi yang satu ini juga jangan Anda lupakan. Berikut ini yang penting Anda siapkan setelah sebelum melahirkan, di antaranya:

  • Peralatan P3K. Apa saja yang harus disimpan dalam P3K? Yang harus disimpan di kota P3K adalah, obat resep, termometer, asetaminofen bayi atau ibuprofen, sabun cair, salep antibiotik, perban steril, pinset, rabir surya dan pelindung bibir, obat nyamuk, lotion alat vital atau krim hidrokortison, dan panduan pertolongan pertama.
  • Bulb syringe (alat penyedot ingus bayi): Gunakan alat ini untuk membersihkan hidung tersumbat pada bayi.
  • Gunting atau gunting kuku bayi: Alat ini dapat membantu Bunda memotong kuku bayi dengan aman.
  • Sikat bayi berbulu lembut: Sikat ini sangat membantu untuk membersihkan cradle cap (kepala bayi bekerak).

9. Mainan bayi

Jika ingin bayi anteng, Bunda mungkin membutuhkan mainan yang aman untuk bayi. Perlengkapan baby yang dapat memenangkan di antaranya:

  • Dot: Seperti yang telah disebutkan di atas, bayi mungkin membutuhkan dot selain menyusi dan menggunakan botol. Dot bermanfaat menenangkan bayi yang rewel saat bepergian atau membutuhkan waktu tenang untuk beristirahat.
  • Ayunan Bayi: Sebagian orang tua menganggap ayunan bayi yang bertenaga baterai menjadi mainan yang dapat menenangkan bayi. Gerakan mengayun dapat menenangkan bayi yang rewel dan memberi Bunda waktu untuk melakukan aktivitas yang lain.
  • Kursi goyang: Ikat bayi ke kursi goyang dengan aman, disangga dengan sudut 45 derajat. Alat ini dirancang untuk bergoyang dan menenangkan bayi.

Nah, itu dia perlengkapan yang mungkin Anda perlukan setelah melahirkan. Semoga membantu ya, Bunda!