Terbit: 1 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selain teh, kopi juga merupakan minuman paling populer di kalangan pria yang hobi begadang atau tidur terlalu malam. Dengan kopi pria bisa tahan terhadap kantuk dan beberapa di antaranya jadi lebih semangat, tidak lemas, dan bisa konsentrasi pada pekerjaan yang dilakukan.

7 Efek Samping Kafeina pada Kesehatan Pria

Meski kopi bisa memberi asupan energi, kafeina yang terkandung di dalamnya menyebabkan cukup banyak masalah kesehatan, berikut selengkapnya.

1. Kecemasan

Terlalu banyak mengonsumsi kopi justru menimbulkan kecemasan yang berlebih pada pria. Untuk menghindari kondisi ini pria disarankan untuk tidak mengonsumsi hingga 1.000 mg kafeina. Selanjutnya batasi kopi harian hingga 300 mg agar efek stres tidak muncul.

2. Insomnia

Kopi memang membuat Anda lebih tahan pada kantuk. Namun, kalau kondisi ini dibiarkan terus-menerus Anda akan insomnia. Siklus tidur bisa berantakan. Agar tidak alami insomnia, usahakan untuk tidak mengonsumsi kopi 3 jam sebelum tidur.

3. Masalah pencernaan

Beberapa pria yang memiliki lambung sensitif akan mengalami pencernaan. Kopi yang mengandung kafeina bisa menyebabkan sakit perut hingga diare pada beberapa orang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

4. Kerusakan otot

Terlalu banyak mengonsumsi kafeina bisa menyebabkan kondisi bernama rhabdomyolysis. Kondisi ini menyebabkan rusaknya serat otot dan memicu kegagalan ginjal dan masalah lain.

5. Ketagihan

Kafeina yang berlebihan akan membuat seseorang jadi ketagihan. Kondisi ini menyebabkan pria jadi lemas atau tidak bergairah kalau tidak mendapatkan asupan kafeina pada kopi.

6. Hipertensi

Hipertensi pada pria tidak hanya membuat mereka jadi pusing. Kondisi ini bisa mengganggu ereksi pada penis sehingga pria akan susah saat berhubungan badan.

7. Anyang-anyangan

Beberapa pria sering mengalami anyang-anyangan setelah minum kopi. Kondisi ini akan mengganggu kegiatan sehari-hari dan juga aktivitas seks. Pria yang tidak  bisa menahan kencing akan sering kehilangan ereksinya.

Demikianlah beberapa efek samping kafeina pada pria. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi