Terbit: 6 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Merokok merupakan salah satu kebiasaan buruk yang dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit seperti jantung koroner, kanker paru hingga stroke. Kandungan nikotin di dalamnya membuat banyak perokok merasa kesulitan untuk bisa benar-benar berhenti dari merokok. Selain menguatkan niat, ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasi kesulitan dalam berhenti merokok, yaitu:

7 Cara Mudah untuk Berhenti Merokok

Minum melalui sedotan
Dilansir dari WebMD, salah satu cara untuk mengganti aktivitas mulut dari menghisap rokok adalah dengan minum air dingin melalui sedotan. Cara ini akan membantu otak melepaskan dopamin, zat kimia otak yang dapat mengusir suasana hati yang buruk. Selain itu Anda juga dapat makan makanan ringan untuk mengganti keinginan merokok. Pilih makanan yang sehat untuk menghindari kegemukan dan risiko penyakit lainnya.

Catat perubahan positif yang terjadi
Saat Anda berhenti merokok, catat beberapa perubahan positif yang terjadi selama beberapa hari Anda berhenti merokok seperti penghematan uang, badan yang lebih segar, dan banyak lagi. Hal ini membantu Anda tetap semangat untuk terus mencoba berhenti merokok.

Sering sikat gigi
Salah satu perubahan yang terjadi setelah Anda berhenti merokok adalah mulut Anda terasa lebih segar dan Anda terbebas dari napas mulut yang bau rokok. Dengan lebih sering menyikat gigi, Anda akan memiliki napas yang segar, sehingga sayang untuk mengotorinya dengan rokok.

Hindari alkohol
Minum alkohol merupakan salah satu pelarian yang paling umum bagi para perokok yang sedang mencoba untuk berhenti. Sebaiknya Anda juga menghindari alkohol karena alkohol dapat merusak pertahanan diri Anda untuk berhenti merokok.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Pergi ke tempat yang bebas rokok
Saat keinginan untuk merokok kembali muncul, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat yang bebas rokok untuk mengalihkan keinginan tersebut. Pergilah bersama teman-teman Anda yang tidak merokok agar Anda tidak tergoda untuk kembali merokok.

Olahraga
Olahraga merupakan salah satu cara efektif untuk mengalihkan keinginan Anda untuk merokok sekaligus membuat Anda menjadi lebih sehat. Ketika badan Anda aktif, badan akan mengedarkan zat kimiawi yang membuat mood Anda membaik dan mengurangi stres. Pilih olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau berenang. Lakukan olahraga dengan rutin, khususnya di satu bulan pertama Anda berhenti merokok.

Ingat alasan Anda berhenti merokok
Berhenti merokok pasti tidak mudah pada hari-hari pertama Anda. Godaan untuk kembali merokok pasti akan selalu ada. Karena itu Anda membutuhkan semangat yang lebih kuat dari godaan-godaan tersebut. Ingat kembali alasan Anda untuk berhenti merokok. Jika perlu, tulis alasan Anda untuk berhenti merokok lalu tempel di tempat-tempat yang sering Anda kunjungi seperti dapur, kamar mandi, kamar tidur, dan meja kerja.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi