DokterSehat.Com– Kanker payudara biasanya menyerang sebagian besar kaum wanita, namun dalam kasus yang jarang terjadi, kaum pria juga bisa mengidapnya. Jadi bagaimana pria bisa mengenali benjolan kanker? Carilah tanda dan gejalanya, dan ikuti tujuh langkah berikut ini.

doktersehat-breast-cancer-man-galaktore-payudara

Kanker payudara biasanya terjadi pada pria berusia di atas 60 tahun, namun terkadang bisa memengaruhi seorang pria yang lebih muda.

Gejalanya bisa berkisar dari benjolan di payudara hingga sakit atau ruam di sekitar puting payudara yang tidak kunjung hilang. Tapi selain melihat gejalanya, apa cara lain untuk menguji benjolan kanker?

Male Care mengatakan bahwa Anda dapat memeriksa sendiri kesehatan kanker payudara laki-laki. Berikut cara memeriksa payudara satu per satu, seperti melansir Express:

1. Gunakan jari tangan kanan untuk memeriksa payudara kiri Anda, dan jari tangan kiri Anda untuk memeriksa payudara kanan Anda

2. Dengan jari-jari Anda, raba secara merata terhadap tekanan payudara dengan kuat di lingkaran kecil searah jarum jam

3. Mulailah dari tepi terluar payudara dan spiral ke arah puting susu

4. Merasakan benjolan keras atau benjolan di payudara Anda

5. Pastikan untuk menutupi semua bagian payudara Anda

6. Dengan lembut peras kedua puting susu dan cari pelepasan

7. Perhatikan baik-baik perubahan ukuran, bentuk, dan kontur setiap payudara, misalnya kerutan, dimpling atau perubahan tekstur kulit.

Seperti Apa Benjolan Itu?
Benjolan kanker di payudara paling sering terasa seperti:

  • Massa payudara keras
  • Tanpa adanya rasa sakit
  • Memiliki tepi payudara yang tidak beraturan
  • Payudara tidak bergerak saat didorong
  • Tampak di bagian luar atas payudara Anda tumbuh dari waktu ke waktu

Tapi, tidak semua benjolan kanker payudara akan memenuhi kriteria ini, dan benjolan kanker yang memiliki semua ciri ini tidak khas.

Banyak benjolan kanker terasa bulat, lembut, dan empuk yang bisa terjadi di di semua area payudara. Dalam beberapa kasus, benjolan itu bahkan bisa menyakitkan.

Sebagian besar benjolan payudara tidak bersifat kanker, namun ada sejumlah gejala lain yang harus diperhatikan pada pria dan wanita, termasuk benjolan di ketiak.

Kanker payudara sekitar 100 kali kurang umum di kalangan pria daripada wanita, tapi merupakan kanker paling umum di Inggris. Satu orang didiagnosis setiap 10 menit, menurut Breast Cancer Care.

Sementara di Indonesia, kanker payudara satu dari 10 penyakit mematikan yang banyak merenggut nyawa wanita di Indonesia. Berdasarkan data dari Kemenkes RI, jumlah kematian wanita akibat kanker payudara 21,5 berbanding 100.000 penduduk di 2013.