7 Cara Alami Menyingkirkan Jerawat Tanpa Bekas

doktersehat-flek-hitam-wajah-sinar-UV-jerawat-komedo-1024

DokterSehat.Com– Kulit wajah adalah cerminan kepribadian serta kesehatan kita. Kulit dengan komedo hitam, komedo putih, jerawat, adalah refleksi ketidakseimbangan hormon, nutrisi yang tidak tepat dan kebersihan pribadi yang buruk.

Jerawat adalah masalah yang sangat umum dari segala usia di seluruh dunia. Jutaan orang di seluruh dunia terutama para remaja menderita jerawat paling banyak. Jerawat ini bisa menjadi kasus ringan atau parah. Kondisi ini mungkin menyakitkan atau tidak tergantung pada tingkat keparahannya, tetapi jelas tidak sedap dipandang, bukan?

Anda tidak perlu menyembunyikannya dengan kosmetik atau bahkan menggunakan metode konvensional untuk menghilangkan jerawat. Ada berbagai pengobatan alami untuk jerawat yang dapat membantu Anda untuk menyingkirkan jerawat di wajah Anda.

Obat rumah untuk jerawat jauh lebih efektif daripada bahan kimia keras untuk memelihara dan menjaga kesehatan kulit Anda.

7 Pengobatan alami efektif menyembuhkan jerawat

Menerapkan langkah-langkah pengobatan dengan bahan alami akan mengurangi jerawat secara signifikan. Berikut bahan-bahan alami yang mudah Anda temukan di dapur dan cara pengobatan jerawat, seperti dilansir dari Home Remedies for All.

minyak-esensial-doktersehat
Photo Credit: Pexels.com/Mareefe

1. Minyak tea tree

Minyak tea tree adalah daftar obat yang efektif untuk jerawat. Ada banyak sifat yang melekat pada minyak te tree yang membuatnya cocok untuk menangani produksi sebum berlebih dan pengelolaannya. Ini adalah kemampuan antiseptik, antijamur, dan antibakteri yang membuatnya menjadi pengganti yang sangat baik dari perawatan berbasis kimia yang keras untuk jerawat.

Senyawa antibakteri terpinen-4 dalam tea tree oil menghancurkan bakteri yang hidup di kulit untuk menyembuhkan dan mengendalikan jerawat. Minyak pohon teh sangat menyerap pada kulit untuk membersihkan pori-pori dan membuka penumbat kelenjar minyak.

Anda hanya perlu sedikit minyak tea tree untuk membersihkan jerawat dari wajah Anda dengan membersihkan kelenjar. Ini akan membersihkan pori-pori dan kondisi seperti komedo hitam, komedo putih dan jerawat.

Caranya: Tuang beberapa tetes minyak tea tree ke kapas dan dengan lembut oleskan pada jerawat. Lakukan setiap hari dan Anda akan melihat jerawat hilang segera tanpa meninggalkan bekas jerawat.

doktersehat-kunyit-perut
Photo Credit: Scott Dexter

2. Kunyit

Kunyit telah digunakan sebagai solusi untuk kulit dari zaman kuno. Karena sifat antibakteri dan anti-jamurnya membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat dan noda kulit lainnya. Enzim yang disebut curcumin dengan sifat anti-inflamasi membantu mengurangi pembengkakan, peradangan, kemerahan dan rasa sakit.

Kunyit juga bersifat antiseptik; oleh karena itu membantu membersihkan infeksi dari pori-pori. Anda bisa menggunakan kunyit bersama dengan banyak produk alami lainnya untuk menghilangkan jerawat Anda, sepeti minyak zaitun, minyak kelapa, minyak mustard, kayu cendana dan susu. Bahan-bahan ini umumnya dicampurkan pada kunyit untuk menyembuhkan jerawat.

Gunakan susu dengan bubuk kunyit untuk mengobati jerawat, karena kombinasi ini adalah salah satu kombinasi yang paling efektif untuk jerawat dan noda lainnya pada kulit Anda. Susu adalah pelembab alami.

Caranya: Ambil satu sendok teh bubuk kunyit. Tambahkan sedikit susu secara bertahap ke dalam bubuk kunyit hingga menjadi pasta kental. Kemudian oleskan pasta susu kunyit pada area kulit yang terkena jerawat. Diamkan selama 20 menit dan cuci dengan air hangat. Lakukan setiap hari sampai jerawat Anda hilang sepenuhnya.

cuka-apel-doktersehat
Source: Stylecraze

3. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah salah satu obat paling ampuh untuk jerawat. Bahan ini membunuh bakteri, mengendalikan kelebihan sebum yang diproduksi dan menyeimbangkan nilai pH kulit. Cuka sari apel bertindak seperti astringen untuk mengeringkan kelebihan minyak dari kulit.

Caranya: Ambil ½ sendok teh cuka sari apel dalam wadah. Tambahkan 2 sendok teh air untuk mencairkannya. Cuka sari apel encer ini tidak akan kasar pada kulit sensitif Anda.

Aplikasikan campuran cuka sari apel pada wajah Anda. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air. Anda bisa melakukannya dua kali sehari sampai jerawat Anda benar-benar musnah.

doktersehat-bau-badan-ketiak-lemon

4. Jus lemon

Lemon kaya vitamin C adalah antibakteri dan antimikroba yang dengan mudah melawan bakteri yang menyebabkan jerawat. Ini juga mencegah jerawat di masa depan.

Asam sitrat dalam lemon membantu menghilangkan sebum dari pori-pori yang mengurangi peradangan. Karena lemon mengandung kemampuan astringent, membersihkan kulit dan pori-pori dengan menyingkirkan kotoran.

Karena sifat pemutihan yang ringan itu mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Sifat antioksidannya melawan radikal bebas untuk mengurangi peradangan dan berjerawat di masa depan.

Anda harus menggunakan jus lemon baik dengan mengonsumsinya dan dengan aplikasi topikal pada kulit.

Caranya: Peras satu lemon dan tambahkan ke dalam 1 gelas air. Aduk dan minum. Ini akan mendetoksifikasi tubuh dari dalam. Minumlah setiap hari di pagi hari.

Sementara untuk topikal, cuci muka dengan air hangat. Oleskan jus lemon pada area yang terkena jerawat dengan kapas sebelum tidur. Bilas di pagi hari. Lakukanlah setiap malam.

Madu-lemon-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Breville USA

5. Madu

Masker dari campuran susu dan madu sangat baik untuk mengobati jerawat dan menyingkirkan bekas jerawat. Sifat antibakteri madu berguna dalam mengatasi jerawat dan susu yang baik untuk mengencangkan kulit.

Madu juga merupakan pelembab dan memudarkan kerut halus. Ini digunakan dalam banyak produk perawatan kulit. Susu juga merupakan pelembab dan pembersih. Susu juga mengandung enzim lipase yang larut dalam lemak yang membantu menghilangkan kelebihan sebum dari pori-pori.

Ambil madu mentah berkualitas baik. Sementara susu yang Anda gunakan harus susu penuh lemak untuk mendapatkan manfaat maksimal dari enzim lipase.

Caranya: Campurkan satu sendok teh madu dan satu sendok teh susu hingga menjadi masker. Kemudian menerapkannya pada area yang terkena jerawat atau seluruh wajah dengan bantuan bola kapas. Biarkan di wajah selama 30 menit.

Jika Anda ingin membuat pasta tebal untuk masker, gunakan susu bubuk, bukan susu cair. Tambahkan ¼ sendok teh susu bubuk ke satu sendok teh madu dan aduk rata. Oleskan masker dan bilas setelah 30 menit dengan air hangat. Anda akan mulai melihat hasilnya dalam seminggu.

6. Pepaya

Pepaya adalah bahan untuk perawatan yang efektif dan sangat baik untuk jerawat. Setiap bagian pepaya bermanfaat untuk perawatan kulit. Mulai dari kulit, biji, daun dan buah itu sendiri semuanya berguna untuk membuat kulit Anda halus dan bersinar. Enzim dalam pepaya bertanggung jawab atas sifat memulihkan. Aplikasi topikal dari enzim-enzim ini membantu menyembuhkan dan mencegah jerawat.

Enzim capain Alkalide di daun dan enzim cericin dalam biji adalah senyawa memulihkan kulit yang sangat kuat di tanaman pepaya.

Kami akan menggunakan pulp pepaya yang mengandung enzim papain. Enzim ini secara efektif melarutkan protein dan lemak. Ini membersihkan kulit

Caranya: Hancurkan 50 gram ampas pepaya untuk membuat pasta halus. Aplikasikan pasta ini pada area kulit yang terkena jerawat atau ke seluruh wajah sebagai masker wajah. Biarkan selama 20 menit. Bilas wajah Anda dengan air dingin. Anda dapat menerapkan masker pepaya ini setiap hari di area yang terkena jerawat.

Sementara jus pepaya mentah bisa digunakan untuk pengobatan jerawat bengkak. Ini mengurangi peradangan

buah-pisang-doktersehat
Photo Credit: pexels.com

7. Kulit pisang

Anda mungkin menganggap kulit tidak berguna dan membuangnya. Mulai sekarang, jangan membuangnya jika Anda memiliki jerawat. Ini mungkin adalah salah satu obat alami termurah untuk jerawat Anda.

Anda hanya membutuhkan kulit pisang matang. Pisang yang terlalu matang tidak efektif. Kulit pisang kuning dengan bintik-bintik hitam adalah yang terbaik.

Caranya: Siapkan kulit pisang dan memotong berukuran 2 inci. Cuci muka dan gosok bagian dalam kulitnya di area yang terkena jerawat, sebelum tidur. Jika diperlukan potong lebih banyak kulit pisang.

Biarkan semalam dan bilas di pagi hari dengan air hangat. Anda akan melihat jerawat Anda berkurang dalam waktu seminggu. Lakukanlah sampai jerawat Anda benar-benar hilang.

Mudah dan murah, bukan? Selamat mencoba, Teman Sehat!