7 Buah Makanan yang Cocok Untuk Puree MPASI?

DokterSehat.Com– Ketika si kecil menginjak usia 6 bulan, maka saatnya anak untuk makan makanan padat. Salah satu menu yang paling mudah disajikan untuk anak adalah menu buah. Dari segi nutrisi, buah juga merupakan sumber gizi yang baik bagi anak-anak. Buah apa saja yang baik untuk puree anak?

Buah yang baik dijadikan pure untuk MPASI

Buah adalah salah satu sumber makanan yang baik untuk makanan pertama bayi. Beberapa buah yang dapat Anda gunakan untuk puree antara lain:

1. Pisang
Pisang merupakan buah yang mengandung kalori tinggi. Selain itu pisang juga mengandung vitamin A dan C yang baik untuk kesehatan dan kulit si kecil. Cara membuatnya pun sangat mudah, pisang cukup dilumatkan dengan sendok atau dikerok tipis. Hindari mengerok pisang hingga bagian tengahnya karena dapat memicu sembelit.

2. Wortel
Wortel mengandung vitamin A dan serat yang baik untuk mata, kulit dan pencernaan anak. Untuk membuat puree wortel, Anda cukup mengukus wortel selama 10-15 menit lalu blender dengan tambahan kaldu ayam sebagai tambahan protein.

3. Alpukat

Alpukat memiliki banyak kandungan lemak sehat seperti omega 9, vitamin B, C. E, tembaga dan zat besi, kalium, dan serat. Alpukat juga dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dan baik untuk menambah berat badan bayi. Selain itu alpukat juga mudah untuk diolah.

4. Kiwi
Kiwi juga merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin C, A, B, E, dan serat pangan. Kiwi baik untuk meningkatkan sistem imun tubuh, mencegah gumpalan darah, dan sebagai sumber antioksidan yang baik.

5. Melon
Melon memiliki kandungan karbohidrat, protein, lemak dan potassium, serta vitamin A dan C. Melon juga memiliki banyak kandungan air yang baik seperti semangka. Melon juga baik bagi pencernaan dan baik untuk kesehatan kulit dan mata.

6. Labu

Labu merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan flavonoid, vitamin A, karoten, magnesium, mineral dan antioksidan. Buah juga merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik bagi anak.

7.Stroberi
Stroberi merupakan salah satu buah dengan antioksidan tinggi. Ini dapat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas dan baik untuk menetralkan racun. Selain itu stroberi juga kaya akan vitamin C dan kalsium yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh dan memperkuat tulang. Untuk mengurangi rasa asam pada stroberi, Anda bisa menambahkan ASIP atau buah lain seperti pisang dan pir.