Terbit: 20 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Biasanya, kebanyakan tips pola makan sehat cukup banyak yang berfokus pada kondisi kesehatan wanita, misalnya pada masa menstruasi, persiapan hamil, hamil, melahirkan, menyusui hingga menopause. Padahal pria juga butuh perhatian yang sama untuk kondisi kesehatannya. Kira-kira, bagaimana sih menjaga pola makan sehat khusus untuk pria?

6 Tips Pola Makan Sehat Untuk Pria

Secara fisik, kebutuhan gizi pria lebih besar dibandingkan wanita. Hal ini tentu wajar karena massa otot pria lebih banyak. Untuk itu para pria harus memerhatikan pola makan yang baik agar kebutuhan gizi dan pemeliharaan massa otot tubuhnya bisa terdukung optimal.

US Departement of Agriculuture menyebutkan 6 tips pola makan sehat yang bisa dengan mudah diterapkan pria untuk mendukung kesehatannya, yaitu:

1. Memilih bahan makanan yang tidak menyebabkan berat badan naik

Pilihan makanan yang rendah lemak, hindari konsumsi makanan dan minuman manis berlebihan. Jika ingin meningkatkan berat badan dengan sehat, pilih dari sumber protein dan imbangi dengan olahraga.

2. Memilih whole grain agar lebih kenyang

Pilih makanan whole grain sebagai sumber karbohidrat, whole grain baik untuk kesehatan dan membuat tubuh merasa lebih kenyang.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Rutin minum air putih

Kebutuhan air putih pria umumnya lebih tinggi dari wanita, untuk itu usahakan selalu mencukupi kebutuhan air putih ya.

4. Menyediakan makanan sehat

Usahakan menyediakan makanan yang sehat di tempat penyimpanan makanan, baik di tempat kerja ataupun di rumah. Hal ini akan meningkatkan kebiasaan makan sehat.

5. Tidak ada makanan yang ajaib untuk membentuk tubuh pria

Tidak ada satu jenis makanan yang dapat memenuhi semua kebutuhan gizi termasuk pembentukan otot. Untuk itu usahakan selalu menerapkan pola makan sehat.

6. Selalu menerapkan pola makan sehat

Kelima tips di atas akan mendukung pola makan sehat, yaitu pola makan yang sehat dan seimbang. Jadi usahakan agar para pris selalu menerapkan prinsip pola makan sehat sebagai pedoman makan hariannya, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi