Terbit: 24 Februari 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.ComWasir ditandai dengan bengkak, vena yang meradang di dalam rektum. Wasir sebenarnya adalah salah satu tren kesehatan teratas di 2012, yang menyebabkan pengiklan besar menawarkan krim dan perawatan wasir lainnya.

6 Tips Alami Ini Ampuh Mengusir Wasir

Tapi Anda akan senang mengetahui bahwa ada banyak solusi di rumah yang efektif untuk wasir dan banyak tips pencegahannya. Jadi mengapa tidak mencoba cara alami saat mencari pengobatan wasir?

Mempengaruhi pria dan wanita, seperti melansir Natural Society, wasir adalah hasil peradangan, pembengkakan pembuluh darah di dubur dan anus Anda, yang dapat terbentuk baik secara internal maupun eksternal.

Lebih sering daripada tidak, masalah yang tidak menyenangkan ini adalah hasil dari ketegangan untuk buang air besar, dan terutama dialami oleh orang-orang yang menderita konstipasi, orangtua, dan wanita hamil.

Beruntung bagi semua orang, wasir tidak terlalu berbahaya dan lebih merepotkan daripada apapun, jadi jangan khawatir! Tapi masalahnya masih bisa dipecahkan dengan satu atau cara lain, karena bisa menimbulkan masalah lebih banyak daripada yang ingin Anda hadapi dalam jangka panjang.

Gejala yang paling umum untuk wasir adalah adanya darah. Jika wasir bersifat internal, maka darah akan menjadi merah terang dan akan paling terlihat saat Anda buang air besar. Jika di luar, Anda bisa mengalami pembekuan darah di sekitar anus atau bengkak. Secara keseluruhan, gejala umum meliputi:

  • Berdarah
  • Pembengkakan
  • Gatal
  • Gangguan
  • Pembekuan darah atau benjolan di sekitar anus
  • Sakit anal

Perhatikan bahwa jika Anda menggabungkan beberapa perawatan ambeien alami dan ikuti tips pencegahan di bawah ini, gejala Anda mungkin hilang dengan baik saat menyembuhkannya.

6 Pengobatan Wasir secara Alami
1. Cuka Apel – Menggunakan cuka sari apel adalah salah satu perawatan alami yang paling populer untuk wasir. Cukup rendam bola kapas atau beberapa kertas toilet dengan cuka sari apel dan oleskan ke daerah wasir. Ulangi proses ini sampai peradangan hilang dan gejalanya sembuh. Anda harus melihat perbaikan secara instan. Sebagai alternatif, tambahkan setengah cangkir cuka sari apel ke bak mandi.

2. Rutin – Senyawa ini sebagai pendukung kesehatan yang ditemukan di berbagai tanaman seperti soba (gandum kuda), jeruk, jeruk bali, lemon, cranberry, dan asparagus, rutin adalah obat rumah lain yang sering digunakan untuk wasir. Membeli dalam bentuk suplemen mungkin merupakan pilihan terbaik.

3. Minyak Kelapa – Oleskan minyak kelapa langsung ke daerah wasir, bilas dan ulangi. Selain mengurangi gejala, wasir harus hilang selama beberapa hari saja.

4. Witch Hazel – Tanaman obat dan astringent (berfungsi mengecilkan proi-pori), witch hazel adalah salah satu solusi alami yang paling umum dikenal untuk wasir. Rendam bola kapas dengan witch hazel dan aplikasikan ke area wasir.

5. Lidah Buaya – Seperti perawatan di atas, cukup oleskan lidah buaya ke daerah yang terkena wasir untuk meredakan gejala.

6. Jongkok, Jangan Duduk – Ini sebenarnya sangat penting dan sering diabaikan. Toilet konvensional sangat tidak alami, dan mungkin salah satu alasan wasir jarang terdengar di negara-negara kurang berkembang, dimana jongkok dilakukan saat Anda ke toilet. Duduk untuk melewati gerakan usus memberi tekanan yang luar biasa pada rektum, sementara saat berjongkok meluruskan rektum dan melemaskan otot puborektalis. Ini adalah tips yang harus dilakukan bersamaan dengan pengobatan di rumah untuk wasir yang mungkin Anda gunakan.

Penyebab dan Tips Pencegahan Wasir
Penyebab wasir yang paling umum mengejan saat buang air besar dan obesitas. Jika Anda tegang saat buang air besar, tidak ada keraguan bahwa Anda menderita sembelit, dan obesitas bisa meningkatkan masalah pencernaan ini. Solusi terbaik untuk wasir adalah – Anda bisa menebaknya – tidak memilikinya sama sekali!

Ikuti tips pencegahan wasir yang penting ini dan Anda mungkin bahkan tidak perlu menyelidiki perawatan wasir:

  • Olahraga dan Menurunkan Berat Badan
    Kelebihan berat badan atau obesitas, seiring dengan sangat tidak aktif, adalah jalan yang sempurna untuk penurunan kesehatan. Jika berat badan Anda tidak sehat dan tidak bergerak, organ dan sistem internal Anda secara keseluruhan menjadi lamban dan bekerja pada tingkat rendah. Mulailah berolahraga dan menurunkan berat badan untuk memperbaiki masalah dan tetap menjaga saluran pencernaan Anda bekerja.
  • Asupan Serat dari Sayuran dan Buah
    Menderita wasir akibat konstipasi dan ketegangan, tidak mengherankan jika asupan serat  bisa membantu memperbaiki masalah ini. Serat membantu melembutkan tinja dan sangat penting untuk kesehatan usus buntu dan kesehatan pencernaan secara keseluruhan. Nutrisi ini membantu membersihkan sistem gastrointestinal, mencegah sembelit dan membiarkan usus besar bekerja pada tingkat efisiensi yang lebih tinggi.
  • Konsumsi Suplemen atau Makanan Kaya Probiotik
    Probiotik sangat penting untuk menyeimbangkan bakteri di usus Anda, yang dapat mencegah sembelit dan benar-benar meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Ambil suplemen probiotik berkualitas tinggi atau mengonsumsi makanan kaya probiotik seperti makanan fermentasi, di antaranya keju fermentasi, yogurt, asinan kubis, kimchi Korea, dan aneka minuman fermentasi seperti teh kombucha.
  • Hidrasi
    Tetap terhidrasi dengan air tampaknya menjadi rekomendasi nomor satu untuk hampir semua penyakit kesehatan. Air membantu membersihkan sistem internal Anda dan melembabkan seluruh tubuh Anda. Seiring dengan serat, minum lebih banyak air akan membantu melembutkan tinja dan mengurangi ketegangan saat buang air besar.

Pertimbangan Lain untuk Pengobatan Wasir
Berendaman di dalam air hangat beberapa kali sehari selama 10-15 menit dapat mengurangi peradangan dan membantu meredakan gejala wasir. Anda juga bisa mandi dengan air yang ditambahkan setengah cangkir cuka sari apel.

  • Jaga kebersihhan tubuh dengan mandi setiap hari. Jangan gunakan sabun di area anus karena kemungkinan hanya akan menyebabkan iritasi.
  • Gunakan kertas toilet lembab di area anus setelah buang air besar untuk mengurangi gesekan.
  • Oleskan es atau kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan.

DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi