Terbit: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kesal, bad mood atau mungkin depresi tentu bisa kita alami kapan saja. Hal ini memang dipengaruhi oleh faktor psikologis, namun jangan salah, pilihan makanan yang tidak tepat saat sedang bad mood bisa membuat perasaan kita makin kacau lo.

6 Makanan Yang Harus Dihindari Saat Sedang Bad Mood

Ada berbagai alasan mengapa makanan bisa memperburuk suasana hati. Asupan gula, lemak dan garam yang berlebihan akan diserap dengan cepat oleh tubuh dan sedikit banyak dapat memengaruhi emosi.

Untuk itu, pakar kesehatan Smintha Bhandari menyebutkan enam akanan yang harus dihindari saat sedang bad mood. Apa sajakah?

1. Minuman rasa buah

Kandungan gula yang yang tinggi pada minuman rasa buah akan diserap dengan mudah oleh tubuh. Hal ini kemudian bisa meningkatkan rasa lapar yang akan memengaruhi emosi, misalnya menyebabkan kita menjadi cepat marah. Selian itu gula tidak dapat membantu mengatasi munculnya perasaan kesal atau depresi.

2. Minuman bersoda

Sama dengan minuman rasa buah, kandungan gulanya yang tinggi tidak membantu mengatasi depresi dan juga tidak memberikan asupan nutrisi. Jika Anda haus pilihan yang tepat saat sedang bad mood adalah air putih.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Roti putih

Dibandingkan dengan roti whole grain, roti putih atau refined grain memiliki kandungan gula yang lebih mudah diserap tubuh. Kandungan serat yang lebih rendah juga menyebabkan tubuh tidak merasa cukup kenyang.

4. Saus tomat

Penggunaan gula artifisial yang cukup banyak pada saus tomat akan menyebabkan perasaan semakin kesal dan cenderung depresi. Dibandingkan saus tomat biasa, buatlah saus tomat dari tomat segar dengan tambahan lada.

5. Kopi

Asupan kafein berlebihan justru menyebabkan diri kita merasa gugup. Selain itu kopi akan mengganggu jadwal tidur, hal ini tentu akan memengaruhi emosi dan perasaan ya.

6. Minuman berenergi

Konsumsi minuman energi menyebabkan detak jantung tidak teratur hingga gangguan tidur. Selain itu penggunaan gula artifisial yang tinggi akan semakin mengganggu mood kita, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi