5 Kiat Atasi Mata Merah

doktersehat-mata-merah-kurang-vitamin-C-bakteri-glaukoma-Eksoftalmus

DokterSehat.Com– Mata merah bisa menjadi gejala dari berbagai kondisi seperti alergi konjungtivitis, demam, uveitis, mata kering, luka, atau penggunaan lensa kontak. Meski hal ini adalah sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan, mata merah dapat membuat penampilan Anda tidak menarik.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk mengatasi mata merah.

1. Jangan menggosok saat gatal
Anda mungkin tergoda untuk menggosok mata saat gatal. Jika hal ini Anda lakukan maka akan semakin memperburuk kondisi mata, bahkan dampak terburuknya aktivitas ini bisa merusak mata Anda.

2. Menghindari alergi
Pada kasus alergi, mata merah bisa terjadi akibat partikel-partikel kecil yang mengenai mata. Alergi umum biasanya terjadi karena bulu binatang. Masuklah ke ruangan AC untuk membantu menghilangkan alergi yang disebabkan oleh udara.

3. Berkedip
Karena terlalu konsentrasi terhadap suatu hal (seperti menatap televisi atau layar komputer), hal ini bisa membuat mata Anda tidak berkedip dalam jangka waktu yang lama. Aktivitas ini dapat menyebabkan mata kering yang pada akhirnya dapat membuat mata Anda merah. Cobalah untuk berkedip sesering mungkin dan pastikan mata Anda untuk tetap ‘basah’.

4. Terus terhidrasi
Jika Anda mengalami dehidrasi, mungkin Anda tidak akan menghasilkan banyak air mata. Ini berarti berkedip pun tidak cukup untuk melembapkan mata. Jika Anda berada di lingkungan yang kering, Anda harus memastikan untuk minum banyak air untuk memastikan tubuh terus menghasilkan air mata dan cairan lainnya untuk mencegah mata kering.

5. Tidur yang cukup
Mata merah bisa terjadi akibat kelelahan. Untuk mengatasi hal ini Anda harus mendapatkan tidur yang cukup. Kurang tidur juga bisa menyebabkan mata panda (kantung mata hitam). Mata merah merupakan kondisi yang dapat dicegah dengan menjaga kebersihan serta menghindari sejumlah partikel penyebab iritasi atau infeksi mata.

Beberapa gejala yang sering ditimbulkan oleh mata merah akan menyebabkan aktivitas terganggu dan juga menimbulkan rasa tidak nyaman pada mata, seperti gatal, gangguan penglihatan serta rasa perih pada mata. Segera lakukan penanganan yang tepat agar mata merah Anda segera sembuh.

Mata Merah dan Kebiasaan Mengucek

Tanpa disadari, kebiasaan mengucek mata sering dilakukan saat mata terasa atau perih. Sayangnya, beberapa saat setelah mengucek mata, rasa gatal atau perih akan kembali muncul. Banyak pakar kesehatan tidak menyarankan untuk melakukan kebiasaan ini. Cara terbaik mengatasi masalah mata lelah, gatal, atau perih adalah dengan menggunakan obat tetes mata yang bisa mengembalikan kelembaban mata sekaligus mengatasi iritasi.

Akan tetapi, jika kebiasaan mengucek mata ini sulit untuk dihilangkan. Maka Anda berisiko untuk terpapar kuman, mengalami cedera mata hingga memicu munculnya keriput halus di area mata.

Dalam banyak kasus, kondisi ini bisa dicegah dengan menjaga kebersihan serta menghindari sejumlah partikel yang pemicu mata merah. Jika disebabkan oleh infeksi bakteri maka perlu diberikan antibiotik tetes atau oral sesuai resep dokter.

Sementara jika disebabkan oleh alergi, hindarilah faktor pencetus dan dokter mungkin akan memberikan obat pereda alergi seperti antihistamin untuk mengurangi gatal dan radang. Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Menghindari pemakaian lensa kontak terlalu lama dari yang disarankan. Bagi pengguna lensa kontak, bersihkanlah lensa dan ganti lensa sesuai petunjuk di kemasan atau petunjuk dokter. Jangan menggunakan lensa saat tidur, dan hindari pemakaian lensa yang tidak benar
  • Jika sering berada di luar rumah atau di daerah yang banyak terpapar sinar matahari, gunakanlah kacamata khusus untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari dan benda asing
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih saat melakukan kontak dengan penderita infeksi mata