6 Makanan Lezat dan Mengenyangkan Bagi Penderita Diabetes

Penyakit diabetes melitus adalah penyakit gangguan kadar gula darah.

DokterSehat.Com– Bagi para pengidap diabetes, penting untuk memilih makanan yang tepat untuk mengatur kadar gula dalam darah, mencegah lapar dan merasa kenyang lebih lama. Sayangnya, tidak semua karbohidrat yang mengenyangkan baik bagi pengidap diabetes. Beberapa makanan seperti roti, pasta, dan sereal dapat meningkatkan gula darah tersebut.

Meskipun harus selektif dalam memilih makanan, penting juga bagi pengidap diabetes untuk bisa menikmati makanan dietnya. Makan makanan yang enak akan membuat Anda merasa puas dan terhindar dari makan makanan tidak sehat yang akan memperparah gula darah dalam tubuh.

Dikutip dari Web MD, Maggie Powers, PhD, presiden dari Health Care & Education at the American Diabetes Association membeberkan bahan makanan yang lezat dan mengenyangkan, namun tetap membuat gula darah Anda stabil.

1. Sayuran mentah, masak atau panggang
Untuk membuat makan sayur jadi lebih menarik, Anda bisa memasaknya dengan memanggang, memasaknya dengan sehat atau memakannya begitu saja. Pilih sayuran rendah lemak yang lezat seperti jamur, bawang, terong, tomat, kubis atau zucchini dan sajikan dengan dressing sehat seperti guacamole atau salsa. Jika Anda ingin memanggangnya, tambahkan bumbu seperti bawang putih, merica, atau rosemary agar makin lezat.

2. Sayuran hijau yang sehat
Bayam dan kale adalah dua sayuran hijau yang memiliki rasa yang lezat. Panggang seikat kale dengan minyak zaitun untuk memberi rasa gurih. Anda juga bisa memanggang sayuran dengan protein lainnya untuk memberi tekstur dan rasa berbeda, seperti misalnya salmon.

3. Minuman sehat rendah kalori
Air putih memang minuman yang sehat, namun jika Anda ingin sesuatu yang menyegarkan dan tetap aman bagi gula darah, cobalah infused water. Tambahkan potongan lemon, timun atau daun mint di dalam air minum, Anda akan mendapatkan minuman sehat yang menyegarkan. Bukan hanya rendah gula, minuman ini juga menekan keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan lain.

4. Gandum dan makanan serat tinggi
Untuk memberikan rasa kenyang, perbanyak konsumsi gandum dan makanan yang berserat tinggi. Selain gandum, Anda juga bisa menyantap lentil dan kacang-kacangan lainnya. Makanan ini mengandung karbohidrat yang mengenyangkan namun tetap memberikan rasa lezat.

5. Lemak sehat
Beberapa pilihan lemak sehat yang disarankan oleh Powers antara lain minyak wijen, alpukat, dan salmon. Anda juga bisa menggunakan lemak dari ikan untuk dressing salad.

6. Protein
Untuk mendapatkan nutrisi yang lengkap, Anda bisa mendapatkan protein dari telur, daging tanpa lemak, dan yoghurt Yunani. Anda juga bisa menambahkan selai kacang dalam seikat seledri sebagai camilan yang mengandung protein dan lemak yang sehat. Anda juga boleh mengonsumsi stik keju rendah lemak namun perhatikan kadar sodiumnya.