Terbit: 22 April 2018 | Diperbarui: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tuhan memberikan tubuh yang sempurna untuk kita, dalam bentuk kulit yang halus dan rambut yang indah. Sayangnya, seiring dengan berjalannya waktu keindahan kulit dan rambut kita sering rusak oleh berbagai pengaruh. Sedihnya, ada beberapa kerusakan yang tanpa kita sadari terjadi karena kesalahan kita sendiri. Ada kalanya kita salah memperlakukan diri kita sehingga berimbas pada kerusakan kulit dan rambut. Apa saja kesalahan umum yang sering kita lakukan?

6 Kesalahan yang Memengaruhi Kulit dan Rambut Anda

1. Berenang dalam Kondisi Rambut Kering

Saat melihat kolam, kita tak perlu pikir panjang saat memasukinya, walau dalam kondisi rambut dan kulit kering. Hal ini sangat tidak dianjurkan. Selain karena air di dalam kolam biasanya penuh bahan kimia, perubahan suhu yang tiba-tiba bisa merusak rambut dan kulit.

2. Jumlah Sampoo yang Kurang Tepat

Saat keramas, pastikan Anda menggunakan sampoo yang cukup. Jangan terlalu banyak atau terlalu sedikit karena akan memberikan efek kurang baik.

3. Tak Menggunakan Kondisioner

Jangan remehkan manfaat kondisioner. Menggunakannya secara teratur akan memberikan efek luar biasa karena mencegah rambut kering dan mudah berantakan.

4. Air yang Terlalu Panas

Air panas pada dasarnya akan membuat kulit menjadi kering. Tentunya sangat tidak disarankan mandi dengan air terlalu panas karena akan memberikan efek seperti luka bakar pada kulit.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

5. Menggosok Wajah

Kulit wajah diketahui lebih sensitif ketimbang bagian lainnya. Karenanya, Anda tak perlu menggosoknya saat cuci muka. Cukup lakukan pijatan lembut agar tidak sampai meninggalkan luka.

6. Terlalu Banyak Skincare

Jangan dikira banyak skincare itu baik untuk kulit. Menurut ahli kecantikan, pada dasarnya kulit hanya perlu pelembab dan tabir surya. Lebih dari itu, sebaiknya Anda melakukan perawatan alami.

Itulah beberapa kesalahan yang sering kita lakukan sehingga berdampak buruk untuk kulit dan rambut. Jika Anda pernah melakukannya, coba ganti kebiasaan ya!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi