Terbit: 19 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa yang paling sering Anda pesan saat makan di luar rumah? Tentu ada berbagai pilihan menu makanan yang ditawarkan oleh restoran ya. Namun sebelumnya, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan agar pilihan menu yang akan kita pesan menjadi semakin sehat. Apa sajakah itu?

6 Hal yang Perlu Ditanyakan Agar Pesanan Makanan Sehat

Kini tentu semakin banyak restoran yang menyediakan berbagai pilihan untuk pelanggan Misalnya pilihan metode masak, yaitu bakar atau goreng, pilihan ukuran produk, yaitu sedang atau besar, atau mungkin pilihan kualitas makanan, misalnya jenis daging.

Hal ini tentu memberikan kesempatan yang baik untuk kita agar mendapatkan pilihan makanan yang lebih sehat. Untuk itu kita perlu tahu apa saja yang mesti kita tanyakan saat akan memesan makanan di restoran.

National Heart, Lung, and Blood Institute menyebutkan enam hal yang perlu kita tanyakan sebelum memesan makanan di restoran, yaitu:

1. Bolehkah saus, krim, dressing atau kuah diberikan di wadah terpisah?

Saus atau kuah umumnya memiliki kandungan gula, garam atau lemak yang cukup tinggi. Jika sejak awal sudah dicampurkan pada makanan, maka kita akan kesulitan untuk mengontrol asupannya. Maka dari itu sebisa mungkin mintalah saus atau kuah diberikan terpisah agar kita mengonsumsi sesuai kebutuhan ya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

2. Bolehkah menu olahan susu yang kita pilih menggunakan susu rendah yang lemak?

Olahan dari susu, misalnya es krim, puding, kue, atau minuman tentu sebaiknya kita pilih yang rendah lemak. Umumnya hal ini bisa kita ajukan karena restoran kerap menyediakan berbagai jenis susu untuk kebutuhan masaknya.

3. Bolehkah memilih jenis daging yang bebas lemak?

Jika Anda memilih menu daging sapi, usahakan pilih bagian dalam yang bebas lemak, misalnya tenderloin. Sedangkan jika Anda memilih menu unggas, misalnya bebek atau ayam, mintalah agar tidak menggunakan bagian kulitnya saat daging diolah goreng atau bakar.

4. Apakah suatu menu boleh disajikan degan minyak yang lebih sedikit?

Selalu minta untuk menggunakan minyak yang sedikit, hal ini bisa diterapkan dalam pemilihan menu sayur, misalnya tumis sayur. Mintalah agar minyak yang digunakan sedikit dan tidak dimasak terlalu lama sehingga sayur tidak terlalu layu.

5. Makanan yang diolah dengan mentega atau margarin?

Tanyakan apakah makanan yang ditawarkan menggunakan mentega atau margarin. Mentega memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi, untuk itu pilihan makanan atau produk dari margarin cenderung lebih baik.

6. Bolehkah meminta permintaan khusus jika Anda memiliki kondisi medis tertentu

Tanyakan apakah restoran tersebut mau menerima pesanan tertentu untuk kondisi medis, misalnya diet bebas gluten atau alergi makanan. Hal ini penting agar jika mengalami kondisi medis tertentu agar menu yang dipilih tidak mendapat paparan dari makanan yang harus dihindari yaitu makanan bergluten atau makanan penyebab alergi.

Nah, kini sebelum memesan makanan, tanyakan dulu enam hal di atas, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi