6 Hal yang Harus Anda Ketahui Sebelum Melakukan Veneer

gigi-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Rupert Taylor-Price

DokterSehat.Com– Veneer adalah lapisan porcelain yang direkatkan secara permanen pada bagian depan gigi. Tujuannya adalah untuk memperbaiki keseluruhan tampilan senyuman Anda. Dengan veneer, ukuran dan bentuk gigi dapat berubah serta dapat menutup jarak antara gigi dan mencerahkan warna yang tidak cantik. Namun sebelum Anda memutuskan untuk memasang veneer, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dulu.

Photo Credit: Flickr.com/Rupert Taylor-Price

1. Prosedur veneer tidak satu hari selesai

Veneer memerlukan beberapa langkah, mulai dari mendiskusikan bentuk senyuman yang Anda inginkan, memeriksa kondisi gigi, hingga pemasangan veneer sementara. Jadi, gigi Anda tidak akan langsung dipasang veneer permanen. Veneer sementara ini harus dipakai selama 7 hingga 10 hari. Jika Anda merasa cocok, barulah veneer permanen dibuat.

2. Gigi Anda akan ditipiskan

Dalam prosedur veneer, gigi Anda akan disiapkan dengan sedikit mengurangi gigi. Tujuannya adalah agar veneer dapat terpasang dengan baik pada gigi asli Anda. Karena veneer adalah prosedur yang tidak dapat dikembalikan seperti semula, pastikan Anda mengunjugi dokter gigi kosmetik yang berpengalaman.

3. Sensitifitas pada gigi dapat terjadi

Seperti yang dilansir dari Cosmopolitan, beberapa pasien mengalami sensitifitas dengan semen yang merekatkan gigi dan veneer. Rasa nyeri yang timbul dapat bertahan hingga enam jam setelah pengaruh anastesia hilang. Beberapa hari setelah prosedur, terkadang muncul rasa nyeri saat Anda menggigit. Anda dapat mengunjungi dokter And ajika ini terjadi untuk membersihkan kelebihan mikroskopis yang mungkin tersisa pada gigi. Hal inilah yang biasanya menjadi penyebab nyeri tersebut.

4. Nyeri pada gusi

Selain sensitifitas terhadap perekat tersebut, gusi juga terkadang terasa nyeri karena proses penyembuhan yang sedang terjadi. Hal ini karena gusi perlu berubah untuk menyesuaikan dengan gigi yang baru. Semakin Anda membuat gigi Anda bekerja terlalu keras, maka proses penyembuhan juga akan semakin lama. Namun setelah sembuh sepenuhnya, gigi Anda akan terasa seperti gigi alami.

5. Veneer juga perlu perawatan rutin

Sama seperti gigi asli, veneer juga perlu perawatan rutin agar tetap terlihat cantik. Anda juga harus mengunjungi dokter gigi dua kali setahun untuk memeriksa kondisinya dan pastikan untuk membersihkannya dengan benang gigi secara rutin.

6. Veneer juga perlu diganti

Veneer dapat bertahan sekitar 15 hingga 16 tahun. Setelah itu, veneer perlu diganti dengan yang beru. Namun, jika Anda tidak merawatnya dengan baik Anda mungkin harus menggantinya lebih cepat.

Karena veneer adalah proses yang tidak bisa dikembalikan seperti semula, pastikan untuk mencari informasi lengkap terlebih dahulu sebelum menjalaninya. Cari dokter gigi yang berpengalaman untuk mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai dengan yang Anda inginkan.