Terbit: 20 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak ingin diet yang dilakukannya berhasil dan tubuh tetap sehat? Penurunan berat badan tanpa disertai kondisi kesehatan yang baik tentu seakan sia-sia saja ya. Maka dari itu selama menjalani diet kita harus tahu apa saja hal yang menjadi patokan diet sehat.

6 Hal Penting Menuju Diet Sehat

Umumnya saat melakukan diet penurunan berat badan kita hanya fokus pada asupan makanan dan olahraga saja ya. Namun sebenarnya ada enam hal penting yang disebutkan oleh Nutrition.gov yang perlu mendapatkan perhatian ekstra agar kesehatan tubuh tetap terjaga selama diet.

Enam hal tersebut adalah:

1. Perhitungan kebutuhan kalori

Diet bukan berarti tidak makan. Diet yang sehat adalah diet yang mengurangi asupan makan secara bertahap. Selama melakukan diet tubuh tetap membutuhkan asupan makanan untuk menjalankan metabolisme dasar tubuh. Untuk itu kebutuhan kalori dasar harus selalu terpenuhi.

2. Pengaturan porsi

Porsi makan menjadi penting dalam diet, pengurangan kalori bertahap tentu akan mengurangi porsi makan. Selain itu porsi makan makanan yang tinggi lemak dan gula yang tidak diatur akan menyebabkan penurunan berat badan tidak efektif.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Kebutuhan gizi

Diet harus tetap memegang prinsip pola makan sehat yaitu pola makan yang seimbang dan bervariasi. Makanan selama diet harus tetap memiliki kandungan gizi lengkap yang mampu memenuhi kebutuhan harian baik karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

4. Berat badan berkurang sedikit demi sedikit

Berat badan yang turun secara bertahap akan memberikan manfaat besar untuk tubuh dan kesehatan. Hal ini lebih dianjurkan oleh berbagai asosiasi dan para pakar kesehatan ketimbang berat badan yang turun drastis dalam waktu singkat.

5. Terapkan pola diet yang bisa diterapkan sepanjang waktu

Diet yang kita lakukan harus bisa mencapai target berat badan dan setelah berhasil maka kita harus mampu mempertahankannya. Untuk itu pilih diet yang dengan pola yang sehat dan mudah kita terapkan agar kebutuhan gizi sepanjang waktu selalu terpenuhi.

6. Berkonsultasi dengan tenaga kesehatan

Konsultasi dengan dokter atau dietitian akan sangat membantu agar kebutuhan dan jenis diet yang Anda bisa dipilih dengan tepat. Kini diet Anda bisa terjamin keamananya serta kesehatan tubuh Anda juga semakin terdukung, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi