Terbit: 7 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Payudara merupakan organ yang penting bagi wanita. Mengingat begitu berharganya anggota tubuh satu ini, maka setiap wanita perlu merawatnya dengan baik. Dilansir dari laman Allwomenstalk, berikut ini cara mudah untuk merawat payudara yang bisa Anda lakukan sehari-hari:

6 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Payudara

Kenakan ukuran bra yang pas
Berapapun ukuran payudara Anda, selalu kenakan bra dengan ukuran yang pas. Mengenakan bra dengan ukuran yang terlalu kecil atau terlalu besar akan membuat tidak nyaman dan memicu risiko sakit punggung, apalagi bagi Anda yang memiliki payudara berukuran besar.

Lakukan pemeriksaan rutin
Salah satu cara untuk memastikan bahwa payudara Anda sehat adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin. Anda dapat melakukan pemeriksaan sendiri di rumah, namun jika muncul tanda-tanda atau gejala yang tidak biasa, segera periksakan ke dokter.

Makan makanan sehat
Makanan Anda juga berpengaruh pada kesehatan tubuh, termasuk payudara. Beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan payudara Anda antara lain anggur, brokoli, minyak zaitun, tomat, kedelai dan kacang-kacangan. Selain itu hindari minuman beralkohol karena dapat memicu risiko kanker payudara hingga 21%.

Oleskan pelembap
Saat kulit badan Anda terasa kering, biasanya kulit di bagian payudara juga ikut terasa kering. Anda bisa mengoleskan pelembap untuk mengembalikan kelembapan payudara Anda. Pastikan pelembap payudara Anda terdiri dari bahan-bahan yang aman dan tidak memicu iritasi.

Pijat payudara
Memijat payudara dapat melancarkan peredaran darah Anda dan membantu mengantisipasi tanda-tanda penyakit berbahaya lebih dini. Lakukan pemijatan payudara saat mandi atau sebelum tidur, atau saat mengoleskan pelembap.

Jaga postur tubuh Anda
Bentuk payudara Anda juga dipengaruhi oleh postur tubuh Anda sehari-hari. Hindari postur tubuh membungkuk dan biasakanlah untuk selalu tegak baik saat berdiri maupun duduk.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi