6 Cara Mengobati Bisul dengan Bawang Bombai

doktersehat-potong-bawang-buat-menangis
Photo Credit: torbakhopper

DokterSehat.ComBisul adalah abses kulit yang timbul secara alami. Kondisi kulit yang menyebalkan ini muncul seperti benjolan dan sering mengiritasi kulit, sehingga membuatnya terlihat seperti benjolan keras.

Bisul biasanya muncul pada pori-pori yang tersumbat debu atau polusi, sehingga mengakibatkan terbentuknya benjolan. Namun, panas yang berlebihan juga bisa menjadi alasannya.

Meskipun alasannya tidak diketahui, orang harus mengatasi masalah kulit yang tidak diinginkan ini di beberapa titik dalam kehidupan sehari-hari. Bayangkan, Anda memiliki jadwal bertemu klien atau wawancara kerja esok hari, sementara bisul besar atau bahkan beberapa benjolan di kulit.

Kondisi kulit seperti itu memang menjengkelkan dan bagian yang paling parah dari bisul adalah Anda tidak bisa segera menyembuhkannya dan bahkan menggunakan obat apapun. Tapi yang pasti, Anda bisa mencoba obat herbal untuk mengobati bisul.

Sebelum minum obat apapun, seseorang perlu membersihkan wajah mereka dan menyekanya dengan kain bersih dan kemudian menerapkan obat herbal.

Beberapa orang memilih menggunakan pengobatan bisul dengan salep atau obat lainnya. Tapi tahukah Anda bahwa bumbu dapur seperti bawang bombai ternyata benar-benar bisa membantu Anda dalam menyembuhkan bisul. Nah, ada beberapa macam pengobatan berbahan dasar bawang dan bahan lainnya, seperti melansir Boldski berikut ini.

1. Gunakan daging bawang bombai
Potong bawang bombai menjadi beberapa bagian, jangan diiris halus. Rebus hingga mendidih, ambil daging bawang setelah didinginkan, kemudian tutupi area bisul dengan daging bawang. Ikat area bisul dengan kain dan biarkan semalaman. Keesokan paginya, buka dan cuci area bisul. Lakukan ini setiap hari untuk hasil yang lebih baik.

2. Gunakan air bawang bombai
Masukan potongan bawang bombai dan secangkir air ke dalam panci. Masak hingga mencapai titik didih. Sisihkan air rebusan hingga dingin, saring dan oleskan pada bisul dengan kain katun bersih.

bawang-putih-doktersehat
Photo Credit: flickr.com

3. Gunakan bawang putih dengan bawang bombai
Dua bahan ini bisa meredakan rasa sakit di area bisul. Rebus bawang bombai dan empat siung bawang putih, blender hingga menjadi pasta, kemudian oleskan pada bisul Anda dan biarkan selama 10 menit lalu cuci. Ulangi pengobatan ini setidaknya selama empat kali dalam sehari.

4. Gunakan pasta bawang
Setelah menghaluskannya dengan blender, tambahkan air panas hingga menjadi pasta. Oleskan pasta ini ke area bisul secara rutin dan biarkan kering sebelum dicuci.

 

5. Gunakan daging asap dan bawang
Kombinasi ini terdengar aneh, tapi sebenarnya bisa membantu Anda mengobati bisul. Panaskan irisan bawang dan irisan daging asap. Perban area bisul dengan irisan tersebut, biarkan selama beberapa jam sebelum membilasnya. Ulangi cara ini sekali sehari.

doktersehat-madu-untuk-anak-batuk

6. Gunakan madu dengan bawang
Buatlah pasta madu dan bawang merah dengan empat sendok madu mentah dan dua sendok jus bawang. Campur dengan baik sebelum mengoleskannya pada area bisul. Biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya. Lakukan cara ini setiap hari.