DokterSehat.Com– Anda sering merasa imunitas tubuh Anda menurun? Pemenuhan kebutuhan zat gizi merupakan salah satu hal yang efektif untuk membentuk imunitas yang kuat. Tidak tercukupinya kelima zat gizi dibawah ini bisa jadi penyebab imunitas menurun.

doktersehat-sakit-flu-sembuhkan-masturbasi

Imunitas yang rendah akan membuat kita kerap mengalami flu atau demam, pada jangka panjang tubuh kita bisa mengalami reaksi alergi, serta memicu pertumbuhan sel yang tidak sehat yang akan menyebabkan berbagai penyakit lainnya.

Untuk itu, dietitian dari Academy of Nutrition and Dietetics, Taylor Wolfram, menyebutkan ada lima zat gizi yang dapat memengaruhi imunitas tubuh, yaitu:

1. Protein

Seperti yang kita ketahui protein mampu memberikan efek perlindungan bagi sel dan organ tubuh. Protein bisa kita peroleh dari makanan hewani seperti daging, telur dan susu serta kacang-kacangan dan susu nabati.

2. Vitamin A

Vitamin A ternyata tidak hanya untuk mata. Vitamin A akan membangun sistem imun yang mampu melindungi organ tubuh dari infeksi pada kulit, jaringan mulut, pencernaan hingga pernafasan. Sumber bahan makanan tinggi vitamin A adalah sayur dan buah berwarna merah-oranye yaitu wortel, paprika merah, dan ubi manis.

3. Vitamin C

Vitamin ini tentu menjadi pilihan utama saat Anda sedang sakit. Vitamin C memang terbukti memberi stimulasi untuk membentuk antibodi yang akan meningkatkan imunitas tubuh. Sumber makanan tinggi vitamin C adalah jeruk, anggur, paprika, pepaya, dan stroberi.

4. Vitamin E

Masih menganggap bahwa vitamin E hanya untuk kecantikan kulit? Vitamin E ternyata memiliki efek anti-oksidan yang mampu melawan radikal bebas dan meningkatkan fungsi imunitas tubuh. Vitamin E terdapat pada biji bunga matahari dan minyak dari biji-bijian.

5. Zink

Zink terbukti mampu mendukung berjalannya fungsi sistem tubuh dengan optimal hingga membantu melindungi penyembuhan sel tubuh. Zink mudah ditemukan pada banyak jenis makanan misalnya makanan berkarbohidrat, seperti roti atau tepung, kacang-kacangan dan makanan hewani.

Nah itu dia lima zat gizi yang mampu mendukung imunitas tubuh yang baik, kira-kira zat gizi nomor berapa yang sudah Anda penuhi kebutuhannya?