Terbit: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda sedang berencana menerapkan diet vegetarian? Diet vegetarian memang telah terbukti menjadi diet yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh. Namun penerapannya bukan tanpa risiko karena para vegetarian harus memenuhi zat gizi yang rentan tidak tercukupi dalam dietnya.

5 Zat Gizi Penting Untuk Vegetarian

Diet vegetarian menghindari konsumsi makanan hewani. Meskipun beberapa jenis diet vegetarian menganjurkan konsumsi makanan hewani tertentu, asupan beberapa jenis zat gizi, utamanya yang hanya bisa diperoleh dari makanan hewani, harus mendapatkan perhatian khusus.

Academy of Nutrition and Dietetics menyebutkan ada lima zat gizi penting yang harus dicukupi oleh vegetarian yaitu:

1.Kalsium

Konsumsi kalsium dari makanan hewani yang cenderung rendah menyebabkan pembentukan tulang vegetarian rentan terganggu. Untuk itu vegetarian dianjurkan mengonsumsi susu, susu rendah lemak dan makanan dan minuman yang terfortifikasi kalsium, misalnya sereal, tahu atau jus. Makanan nabati yang mengandung kalsium adalah brokoli, kacang kedelai dan kacang almond.

2. Zat besi

Asupan zat besi yang rendah akan meningkatkan risiko anemia. Zat besi yang dapat diserap tubuh dengan baik adalah yang berasal dari hewani. Untuk itu konsumsi zat besi harus dipilih dengan tepat dari makanan nabati yang tinggi zat besi misalnya, kacang kedelai, sayur berdaun hijau gelap contohnya bayam, serta telur.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

3. Protein

Pada vegetarian protein diperoleh dari kacang-kacangan. Untuk itu pemilihan makanan tinggi protein harus dilakukan dengan tepat agar asupan protein tercukupi, misalnya dengan mengonsumsi berbagai produk kacang-kacangan, yaitu selai kacang dan camilan dari kacang, misalnya bubur kacang hijau.

4. Vitamin B12

Vitamin B12 hanya ditemukan di bahan makanan hewani. Untuk itu penerapan diet vegetarian yang ketat, atau jenis diet vegan, sering diiringi dengan konsumsi suplemen vitamin B12. Pilihan makanan yang mengandung vitamin B12 adalah makanan yang terfortifikasi B12, umumnya produk sereal dan telur.

5. Vitamin D

Penerapan diet vegetarian di negara yang tidak selalu mendapatkan paparan sinar matahari, tentu akan menyebabkan risiko kekurangan vitamin D semakin besar. Untuk itu asupan vitamin D dari makanan harus dipilih dengan tepat yaitu dari telur dan minuman atau makanan yang terfortifikasi vitamin D, misalnya jus atau sereal.

Itu dia lima zat gizi penting yang harus diperhatikan dalam diet vegetarian. Dengan memerhatikan asupan zat gizi yang perlu dicukupi, maka manfaat dari penerapan diet vegetarian akan semakin maksimal untuk kesehatan tubuh, kan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi