7 Cara Menyehatkan Mata yang Mudah Anda Lakukan

cara-menyehatkan-mata-doktersehat

DokterSehat.Com – Mata adalah salah satu organ tubuh yang memainkan peran penting dalam mendukung aktivitas Anda sehari-hari. Pernahkah Anda mengalami pandangan kabur atau merasa perih ketika terlalu lama di depan monitor? Hati-hati, kebiasaan itu secara tidak sadar dapat mengganggu penglihatan Anda. Lantas, bagaimana cara menyehatkan mata yang tepat?

Tips dan Cara Menyehatkan Mata

Terdapat berbagai langkah menyehatkan mata yang bisa dicoba, mulai dari cara menyehatkan mata secara alami hingga makanan yang menyehatkan mata. Beberapa masalah mata menyebabkan hilangnya penglihatan permanen atau kebutaan, sementara yang lain dapat dikoreksi dengan lensa kontak atau kacamata.

Pada banyak kasus, sebagian besar menyerah dengan kenyataan seiring bertambahnya usia, penglihatan akan memburuk adalah sesuatu yang umum dihadapi. Padahal, cara menyehatkan mata adalah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Berikut adalah tips menyehatkan mata yang bisa Anda coba, antara lain:

1. Asupan makanan yang sehat

Salah cara menyehatakan mata yang paling mudah adalah dengan makanan. Makanan untuk menyehatkan mata itu adalah sayuran berdaun gelap. Sayuran berdaun gelap seperti collard, kangkung, dan bayam, mengandung lutein dan zeaxanthin–yang merupakan antioksidan berfungsi membantu mencegah katarak.

Selain sayuran yang dipercaya sebagai cara menyehatkan mata, makanan untuk menyehatkan mata lainnya adalah buah, khususnya buah anggur. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa diet yang diperkaya dengan anggur dapat melindungi retina akibat efek oksidatif yang merusak.

Penelitian lain menunjukkan bahwa buah anggur memberikan perlindungan antioksidan tingkat tinggi untuk mata daripada lutein saja, dan mungkin memperlambat atau membantu mencegah degenerasi makula.

Selain sayur dan buah, ikan juga bisa digunakan sebagai cara menyehatkan mata. Ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 seperti salmon, makerel, sarden dan tuna. Asam lemak omega-3 dapat menyehatkan mata karena mampu memperbaiki peradangan permukaan okular dan gejala iritasi okular yang berhubungan dengan mata kering, sedang hingga berat.

2. Mempertahankan berat badan ideal

Kelebihan berat badan atau obesitas membuat Anda berisiko tinggi mengalami kondisi seperti diabetes atau gangguan sistemik lainnya. Kondisi ini apabila tidak mendapatkan penanganan serius dapat menganggu kesehatan mata Anda.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Melbourne dan Leeds Beckett University menemukan bahwa, penurunan berat badan yang cukup dapat berpotensi membalikkan kerusakan mata yang disebabkan oleh diabetes, tekanan darah tinggi, dan obesitas.

Studi lain melaporkan bahwa individu yang secara fisik aktif memiliki risiko 73 persen lebih rendah terkena glukoma daripada individu yang banyak menghabiskan waktu untuk duduk. Temuan ini menyoroti pentingnya menjalani gaya hidup aktif sebagai cara menyehatkan mata.

3. Kenakan kacamata hitam saat berada di luar ruangan

Selain menjadi aksesori fashion, peran kacamata yang paling penting adalah melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet (UV) yang dipancarkan oleh sinar matahari. Oleh karena itu, cara menyehatkan mata yang mudah untuk dilakukan adalah menggunakan kacamata hitam yang dapat memblokir sinar UVA dan UVB.

4. Istirahatkan mata Anda secara teratur

Jika Anda bekerja sepanjang hari di layar komputer, aktivitas berkedip pasti akan berkurang dan berisiko membuat mata Anda kelelahan. National Eye Institute menyarankan untuk menerapkan peraturan 20-20-20.

Setiap 20 menit yang Anda habiskan untuk menatap layar, lihatlah hal lain yang berjarak sekitar 20 kaki di depan Anda selama 20 detik untuk mengurangi ketegangan mata.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah dan lebih sedikit waktu pada aktivitas yang membutuhkan fokus terus-menerus, dapat menjadi cara menyehatkan mata yang efektif.

5. Tidak merokok

Penyakit katarak dapat meningkat apabila Anda memiliki kebiasaan merokok. Selain katarak, hal lain yang bisa terjadi adalah degenerasi makula dan kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan serta merusak retina. Bahkan, merokok bisa melemahkan arteri dan menyebabkan penimbunan plak di pembuluh darah, sehingga meningkatkan risiko serangan jantung.

6. Tidak menggunakan makeup lama

Hindari penggunaan makeup yang sudah 3 bulan pemakaian. Selain itu, hindari untuk meminjam makeup dari orang lain. Pastikan membersihkan wajah sebelum dan sesudah penggunaan makeup. Jika mengalami infeksi atau iritasi ketika mengenakan makeup, segera hapus riasan dan konsultasi ke dokter.

7. Membatasi waktu menatap layar elektronik

Memandangi layar elektronik terlalu lama dapat menyebabkan pandangan kabur, kesulitan untuk fokus pada jarak tertentu, sakit kepala dan mata kering. Cara menyehatkan mata bagi Anda yang sering menatap layar elektronik adalah memastikan posisi monitor sama dengan mata dan hindari melihat layar dalam keadaan silau.

Nah, itulah beberapa cara menyehatkan mata yang bisa Anda lakukan. Hal penting lain yang tidak boleh dilewatkan dalam upaya menyehatkan mata adalah lakukan pemeriksaan mata secara teratur.

Pemeriksaan mata tidak hanya menentukan apakah Anda memerlukan kacamata atau tidak, tetapi juga dapat melihat kondisi mata yang dapat diobati secara efektif jika terdeteksi cukup dini.

Mereka yang berusia lebih dari 40 tahun disarankan untuk melakukan pemeriksaan mata satu tahun sekali. Hal ini berguna untuk mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan bertambahnya usia seperti glaukoma, katarak dan degenerasi makula.

Sementara pada anak-anak, pemeriksaan mata setidaknya dilakukan dua tahun sekali, untuk mendeteksi masalah penglihatan yang mungkin dapat memengaruhi kemampuan belajarnya. Pemeriksaan mata sudah bisa dilakukan bahkan sebelum anak bisa membaca.

Segera periksakan ke dokter mata jika keluhan pada mata terus berlanjut, atau jika mata terasa sakit, sensitif terhadap cahaya, muncul bengkak, terdapat bintik-bintik gelap mengambang ketika melihat, atau jika Anda mengalami gangguan penglihatan lainnya.