5 Tips Sehat untuk Pasutri Agar Cepat Hamil

doktersehat-keluarga-hamil-kehamilan

DokterSehat.Com–  Mempersiapkan kehamilan tentu tidak hanya terfokus pada calon ibu. Akan tetapi, persiapan juga perlu dilakukan oleh para ayah, di antaranya konsumsi asupan zat gizi yang baik untuk mendukung proses kehamilan.

Gizi yang baik dari kedua pihak tentu mampu mendukung terjadinya kehamilan. Untuk itu persiapan asupan gizi yang baik sebelum kehamilan harus dipahami oleh kedua pasangan. Lalu, apa sajakah asupan gizi yang baik sebelum kehamilan?

Menurut British Nutrition Foundation, selain asupan gizi, kondisi fisik tubuh, yang juga merupakan hal yang berkaitan dengan kebiasaan makan jangka panjang, juga perlu diperhatikan.

Beberapa hal terkait gizi yang perlu diperhatikan terkait gizi untuk persiapan kehamilan yaitu

  1. Menerapkan pola makan sehat

 

Prinsip makan sehat dengan memilih makanan yang seimbang dan bervariasi harus diterapkan oleh calon ayah dan ibu, yaitu dengan mengonsumsi berbagai golongan makanan, mulai dari karbohidrat, protein, sayur buah dan membatasi asupan gula, garam dan lemak.

2. Tidak mengonsumsi alkohol dan merokok

Alkohol dan rokok, baik aktif maupun pasif, dapat menurunkan kemungkinan kehamilan dan mengganggu tumbuh kembang janin. Sehingga sebaiknya dihilangkan sama sekali.

3. Memerhatikan kondisi fisik tubuh

 

Kondisi fisik tubuh yang kurus bisa menyebabkan ibu hamil mengalami kurang energi kronis, sedangkan kondisi tubuh yang gemuk, baik bagi calon ibu ataupun calon ayah, akan memengaruhi kesempatan kehamilan. Untuk itu penting bagi keduanya menjaga kondisi fisik tubuh yang normal dengan selalu memantau indeks massa tubuh.

4. Asupan asam folat bagi calon ibu

Kecukupan asam folat ibu hamil akan mendukung kondisi tumbuh kembang janin yang optimal karena mencegah terjadinya kegagalan tumbuh organ bayi. Asam folat diperoleh dari bahan makanan hewani dan sayur.

5. Asupan selenium, zink dan omega-3 untuk calon ayah

Untuk mendukung pembentukan hormon seks yang baik asupan zink dan omega-3 diperlukan, sedangkan agar sperma yang dihasilkan sehat calon ayah harus memenuhi kebutuhan seleniumnya. Ketiganya umum diperoleh dari bahan makanan hewani, ikan dan kacang-kacangan.

Nah, itulah pola hidup dan pola makan sehat yang harus diterapkan oleh calon ayah dan ibu, dengan asupan gizi yang cukup tentu persiapan menyambut buah hati menjadi lebih optimal, kan?