Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa yang tahan untuk tidak ngemil di kantor? Rasanya hampir semua orang sering mengonsumsi camilan di kantor. Namun sayangnya menurut Mayo Clinic camilan saat di kantor adalah jenis makanan yang bisa meningkatkan risiko obesitas.

5 Tips Ngemil Sehat di Kantor

Beberapa data menunjukkan bahwa rata-rata orang bekerja di Amerika selama 8,8 jam dan selama jam kerja camilan yang kerap dikonsumsi adalah jajanan, misalnya donat, pada pagi hari, dan makanan manis, yaitu permen dan cokelat di akhir jam kerja. Kedua hal ini meningkatkan risiko terjadinya obesitas.

Untuk itu, kita perlu mengubah kebiasan camilan tidak sehat tersebut. Beberapa cara yang bisa kita lakukan agar bisa ngemil di kantor namun tetap sehat adalah:

1. Tidak menyediakan wadah/mangkuk permen di meja kerja

 

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Yang menyebabkan konsumsi makanan manis menjadi meningkat adalah peningkatan frekuensinya, meskipun kerap dianggap sepele, 6-10 butir permen tentu sudah akan menambah asupan gula pada tubuh kita. Maka  ganti isi wadah dengan camilan sehat misalnya buah-buahan.

2. Bawa camilan dari rumah

 

Merencanakan ngemil sehat akan lebih baik jika kita sudah menyiapkan camilan sebelumnya. Sehingga kita bisa mengatur apa yang akan kita makan utamanya, jika kita sudah membawa bekal. Usahakan bawa bekal makanan sehat yang tinggi vitamin dan mineral, misalnya buah atau kacang-kacangan.

3. Jangan makan sendirian

 

Meski tidak berhubungan secara langsung, namun dengan makan bersama teman di kantor maka kita bisa lebih menikmati makanan dan juga meningakatkan kedekatan dengan teman kerja.

4. Hindari mengonsumsi makanan yang disediakan di vending machine

 

Umumnya makanan di vending machine adalah makanan yang tinggi gula dan garam serta rendah kandungan gizi. Hal ini tentu berkontribusi besar pada asupan kalori tubuh kita.

5. Usahakan untuk banyak minum

 

Kondisi dehidrasi bisa memengaruhi performa kerja karena dapat menurunkan kosnsentrasi. Untuk itu, sediakan air minum di meja kerja dan usahakan penuhi kebutuhan air minum harian tubuh.

Pemilihan camilan yang tepat di kantor, tidak hanya membuat kita kenyang dan sehat, namun juga bisa mendukung produktivitas kerja yang baik kan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi