Terbit: 13 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anak yang sehat tentu menjadi idaman para orang tua ya. Agar anak terbiasa hidup sehat, tentu anak harus terbiasa menerapkan pola hidup sehat, mulai dari berolahraga hingga membiasakan pola makan sehat. Kira-kira bagaimana cara mengajarkan anak agar terbiasa makan sehat?

Mudah Dilakukan, 5 Cara Agar Anak Terbiasa Makan Sehat

Penerapan hidup sehat tentu akan membuat anak menyadari betapa pentingnya kesehatan. Hal ini paling mudah ditunjukkan dengan berat badan dan tinggi badan anak yang normal, tidak terlalu kurus atau obesitas.

Untuk itu beberapa tips yang dianjurkan oleh Academy of Nutrition and Dietetics agar anak terbiasa dan menyadari pola hidup sehat adalah:

1. Mengajarkan anak agar tidak terbiasa minum minuman manis

Anak-anak tentu sangat menyukai minuman manis, utamanya dalam kemasan. Namun jika anak telah terbiasa mengonsumsi minuman manis sejak kecil maka anak bisa kecanduan. Untuk itu batasi berapa banyak ia boleh minum manis dalam sehari.

2. Mengajak anak untuk menerapkan eat a rainbow

Anak tentu tertarik untuk belajar tentang berbagai warna, terapkan hal tersebut dengan mengajarkan anak mengonsumsi sayur dan buah yang berwarna-warni atau eat a rainbow dalam sehari. Hal ini akan membiasakan anak mengonsumsi buah dan sayur yang cukup.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

3. Mengajarkan anak untuk makan sesuai porsi

Hal ini penting diterapkan saat sedang makan di luar rumah. Ajarkan pada anak bahwa porsi makan di restoran umumnya terlalu banyak untuk ia konsumsi dalam satu kali makan. Untuk itu biarkan anak makan sebagian porsi saja. Jika mungkin mintalah porsi anak-anak saat makan diluar.

4. Tidak membiasakan anak meminta makanan untuk hadiah

Umumnya hadiah yang diberikan pada anak adalah makanan yang tinggi kalori, tinggi gula dan natrium. Untuk itu jangan biasakan memberikan hadiah setelah anak menyelesaikan atau memperoleh sesuatu. Jika ingin memberikan maka pilih hadiah makanan yang menyehatkan.

5. Mengajak anak makan bersama keluarga di rumah

Makan bersama di rumah akan membiasakan anak makan teratur. Selain itu kebersihan dan porsi makanan anak bisa kita kontrol dan atur. Makan bersama anggota keluarga lain juga mendukung keakraban anak dengan keluarga.

Nah, itu dia lima tips membiasakan anak makan sehat. Sudahkah Anda menerapkannya untuk anak Anda?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi