Terbit: 21 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Memutuskan untuk pindah rumah bukanlah hal yang mudah. Namun kadang orang tua harus mengalaminya karena tuntutan pekerjaan atau menemukan lokasi tempat tinggal yang lebih ideal. Pindah rumah bagi anak-anak bisa jadi pengalaman yang mendebarkan, apalagi ketika mereka harus meninggalkan teman-teman yang selama ini selalu bermain bersama. Bagaimana ya cara melatih si kecil menghadapinya?

5 Tips Mudah Beradaptasi di Rumah Baru bagi Anak

Tips melatih anak untuk mudah beradaptasi di rumah baru

Sebelum Anda dan keluarga pindah rumah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak bisa beradaptasi dengan lingkungan rumah barunya. Simak tipsnya berikut ini:

1. Beri tahu beberapa bulan sebelumnya
Keputusan tentang pindah rumah bukanlah keputusan yang mendadak. Anda pasti sudah siap beberapa bulan sebelumnya. Sebaiknya katakan juga pada si kecil bahwa Anda sekeluarga akan pindah rumah. Jelaskan mengenai risikonya bahwa si kecil harus berpisah dengan teman-teman dan orang-orang baik di sekitarnya. Dengan memberi tahunya beberapa bulan sebelumnya akan lebih mudah bagi si kecil untuk menghadapi emosinya.

2. Biarkan anak mengungkapkan kesedihannya

Saat mengetahui akan pindah rumah, anak tentu merasa sedih. Tidak semua anak bisa memahami alasan pindah rumah yang harus mereka jalani. Biarkan anak mengungkapkan kesedihannya dengan menangis atau ngambek selama beberapa hari hingga perasaannya tuntas, namun jangan biarkan kesedihan anak berlarut-larut.

3. Ceritakan hal menarik tentang rumah baru
Untuk menghibur si kecil, jelaskan juga mengenai hal menarik yang ada di rumah baru. Katakan pada anak-anak bahwa mereka juga akan mendapatkan teman baru, tempat bermain baru, dan juga sekolah yang baru.

4. Libatkan anak-anak untuk menata barang pindahan

Agar anak lebih mudah beradaptasi dengan rumah barunya, ajak anak untuk membantu pindahan. Minta anak-anak untuk memilih mana barang-barangnya yang akan dibawa dan minta mereka meletakkannya dalam kardus sendiri. Ketika di rumah baru, beri kebebasan pada anak untuk menata rumah baru sesuai dengan keinginannya. Hal ini berguna untuk membantu anak melupakan kesedihannya pindah ke tempat baru.

5. Ajak anak berkeliling di lingkungan baru
Ketika sudah berada di tempat baru, ajak anak untuk berkeliling di lingkungan sekitar rumah atau sekolah. Ajak anak untuk berkenalan dengan orang-orang dan teman sebayanya di sekitar rumah. Jangan lupa tunjukkan tempat menarik di dekat rumah seperti tempat bermain, perpustakaan, juga toko mainan dekat rumah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi