Terbit: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salad seakan sudah menjadi simbol makanan yang sehat untuk banyak orang. Namun untuk membuat salad yang super sehat maka pemilihan bahan harus dilakukan dengan tepat lo.

5 Tips Membuat Salad Sehat

Pemilihan bahan baku salad yang tepat tidak hanya akan meningkatkan asupan gizi untuk tubuh, namun juga akan membuat salad menjadi lebih bercita rasa.

Untuk itu, Jill Kohn, dietitian dari Academy Nutrition and Dietetics menyebutkan beberapa tips membuat salad sehat, yaitu:

1. Pilih sayuran yang kaya rasa

Daun seledri, daun parsley, atau beberapa daun yang sering diolah sebagai rempah masakan, sangat baik kita pilih untuk bahan pelengkap dalam salad. Tidak hanya akan menambah cita rasa, namun daun dan rempah tersebut juga akan meningkatkan asupan fitonutrien yang bermanfaat untuk tubuh.

2. Utamakan buah dan sayur berwarna hijau

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Buah dan sayur berwarna hijau sangat umum menjadi bahan dominan pada salad. Hal ini tentu saja berfungsi untuk meningkatkan asupan serat dan kandungan fitonutrien asam alegat yang ada pada makanan berwarna hijau. Sayur selada, kubis atau bayam serta buah alpukat bisa menjadi pilihan yang tepat untuk bahan baku salad.

3. Tambahkan tekstur gurih dari kacang-kacangan

Mengonsumsi sayur dan buah dengan tekstur yang hampir mirip tentu membuat kita merasa bosan, untuk itu tambahkan tekstur yang berbeda dari kacang atau biji-bijian. Penambahan kacang almond atau biji wijen tidak hanya akan membuat salad terasa lebih renyah namun juga meningkatkan asupan protein dan fitonutrien.

4. Jangan lupa berikan tambahan rasa manis

Tanpa rasa manis tentu salad menjadi hambar. Tambahkan rasa manis dari buah jenis beri-berian atau buah kering, misalnya kismis atau ceri kering. Dijamin salad yang kita buat akan memiliki rasa manis yang menyehatkan.

5. Berikan dressing yang tepat

Salad tanpa saus tentu tidak lengkap, pilihan saus yang tepat ialah yang terbuat dari olahan minyak nabati. Minyak nabati dari biji-bijian dan mayones bisa menjadi perpaduan yang baik untuk memenuhi kebutuhan energi dari lemak.

Nah, itu dia lima tips membuat salad yang super sehat. Jadi, dari tips di atas, salad apa yang akan Anda buat hari ini?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi