Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Yogurt tidak hanya lezat untuk dimakan, tapi juga memberikan banyak nutrisi yang akan menyehatkan tubuh Anda. Tapi ternyata tidak hanya tubuh, yogurt juga punya banyak manfaat menakjubkan saat digunakan sebagai masker wajah.

5 Tips Masker Berbahan Dasar Yoghurt

Photo Credit: Flickr.com/Mac Keer

Sebagai masker, yogurt dapat membut kulit terlihat bercahaya dan muda. Manfaat ini tidak lain karena nutrisi yang ada pada yogurt yang ramah kulit sehingga membuatnya efektif. Beberapa nutrisi tersebut antara lain Zinc, Kalsium, Vitamin B, dan asam laktat. Dengan kombinasi bahan alami lainnya, Anda dapat membuat masker kaya nutrisi seperti yang dilansir dari stylecraze.

1. Mengatasi Kulit Kering

Masker yang melembabkan dan menghidrasi ini cocok untuk Anda yang memiliki kulit kering. Caranya, campurkan 2 sendok makan yogurt natural full-fat dengan 1 sendok makan madu organik, 1 sendok makan avokad yang sudah dihaluskan dan 1 sendok makan oatmeal yang sudah dimasak hingga merata. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan kain lembut yang telah dibasahi.

2. Mengatasi kulit lelah dan kusam

Paparan polusi dan kurang perawatan membuat kulit tampak kusam dan lelah. Untuk itu, gunakan masker dari campuran 4 sendok makan yogurt, 1 sendok makan bubuk cokelat, dan 1 sendok makan madu. Campur semua bahan hingga merata dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Menenangkan kulit iritasi

Yogurt juga dapat digunakan untuk menenangkan kulit yang mengalami iritasi. Campurkan 1/4 mangkuk yogurt plain full-fat, 1/4 mangkuk mentimun yang sudah dikupas, 1 sendok makan gel lidah buaya organik, 1 sendok makan madu dan beberapa tetes minyak chamomile. Campur seluruh bahan hingga menjadi pasta, kemudian oleskan pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Selanjutnya, bilas dengan air dingin.

Dengan bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar rumah, Anda bisa membuat masker sendiri di rumah dan menikmati kulit lembut dan sehat seperti yang didambakan banyak orang. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi