Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pola makan sehat tentu harus diterapkan di berbagai tempat termasuk di kampus. Dengan pemilihan pola makan yang sehat maka asupan energi untuk melakukan aktivitas selama di kampus akan semakin optimal.

5 Tips Makan Sehat di Kampus

Saat berada di kampus, maka para mahasiswa akan memasuki kegiatan yang padat. Hal ini kerap membuat asupan gizi jadi tidak tercukupi.

Untuk itu penting bagi kita mengetahui apa saja tips pola makan sehat selama di kampus. Berdasarkan US Departement of Agriculture, membangun pola makan sehat selama di kampus adalah dengan:

1. Selalu memenuhi kebutuhan air minum

Dengan kepadatan aktivitas selama di kampus maka tubuh harus terhidrasi dengan baik. Selalu cukupi kebutuhan air minum harian, biasakan membawa botol air minum dari rumah atau tempat kos bisa menjadi kebiasaan yang baik.

2. Makan teratur

Dengan makan teratur maka tubuh akan mendapatkan asupan secara merata untuk aktivitas harian yang padat. Makan teratur akan menjaga kadar gula darah, selain itu hal ini juga bisa mengurangi risiko terjadinya gangguan lambung yang kerap terjadi pada mahasiswa yang makan tidak teratur.

3. Menjaga kebersihan makanan

Mahasiswa sangat berisiko mengalami penyakit hepatitis atau tifus, hal ini erat kaitannya dengan kebiasaan makan yang buruk dan tidak terjaga kehigienisannya. Untuk itu pastikan makanan yang akan dikonsumsi bersih dan terjaga kualitasnya, baik secara fisik atau kimia yang dapat terlihat.

4. Biasakan membawa alat makan sendiri

Berkaitan dengan poin nomor tiga, untuk menjaga kebersihan makanan dan alat makan, bisa dilakukan dengan membiasakan membawa alat makan sendiri.

Meski kerap dianggap merepotkan dan tidak penting. Nyatanya kebiasaan kecil ini akan efektif mencegah penyakit hepatitis. Biasakan menggunakan botol minum, sendok atau kotak bekal makan sendiri, utamanya untuk mahasiswa yang kos.

5. Pastikan porsi makan tepat, makanan seimbang dan bervariasi

Pastikan porsi makan sesuai kebutuhan dan golongan makanan lengkap mulai dari karbohidrat, protein hewani, nabati, buah, sayur dan lemak dan dikonsumsi dengan seimbang serta bervariasi, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi