5 Tips Jitu Mengurangi Gula Di Makanan Kita

DokterSehat.Com– Anda masih menganggap gula hanya ada di minuman? Jangan salah, gula juga ada pada berbagai jenis makanan yang sering kita konusumsi. Jadi jangan merasa aman hanya dengan mengurangi minuman manis, makanan yang manis juga harus kita batasi.

Umumnya gula pada makanan terkandung pada bahan makanan berbahan dasar karbohidrat, misalnya roti, nasi, atau camilan yang sering kita konsumsi seperti kue kering atau keripik berbahan dasar karbohidrat. Maka dari itu penting bagi kita untuk memahami bagaimana mengurangi asupan gula dari makanan.

Menurut Mayo Clinic, cara utama membatasi asupan gula adalah dengan mengurangi minuman bergula tambahan, misalnya minuman soda. Namun pembatasan asupan makanan dengan pemanis tambahan juga berkontribusi terhadap asupan gula tubuh kita, sehingga beberapa tips yang bisa kita lakukan antara lain:

  1. Jangan menambahkan karbohidrat dengan karbohidrat lagi

  2. Misalnya, jika sedang mengonsumsi sereal tambahkan susu (protein)saja, bukan dengan sirup atau madu yang merupakan karbohidrat sederhana. Jika ingin menambahkan rasa manis maka dapatkan dari pemberian buah-buahan segar.

  3. Tidak menggunakan banyak gula jika kita sedang membuat resep masakan

  4. Gunakan secukupnya gula pada saat kita memasak atau membuat kue, ingat bahwa dalam satu hari, menurut Pedoman Gizi Seimbang RI, kita maksimal mengonsumsi 4-5 sendok makan makan gula. Terapkan pada resep yang akan Anda buat, perkirakan berapa saji hasil resep tersebut, dengan mempertimbangkan pula asupan gula yang mungkin kita konsumsi dari makanan atau minuman lain.
    Perhitungan seperti itu akan lebih sehat jika dibandingkan dengan penggunaan gula yang mengikuti resep masakan.

  5. Batasi penggunaan saus saat makan

  6. Kecap, saus tomat atau saus barbekyu, utamanya yang kemasan, umumnya memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Jika ingin menambahkan cita rasa pada makanan, utamakan dari bumbu alami, misalnya sambal segar dari tomat, cabai dan bawang.

  7. Perhatikan gula pada makanan kemasan

  8. Membaca kandungan gula pada label kemasan makanan membantu kita mengetahui berapa banyak asupan gula yang akan kita konsumsi. Perhatikan bahwa kandungan gula pada makanan tidak hanya ada di bawa label karbohidrat saja namun juga ada dengan beberapa istilah lain, misalnya glukosa, fruktosa, madu atau cane syrup.

  9. Pilih camilan rendah gula

  10. Dibandingkan dengan cookies atau keripik, camilan buah dan sayur mampu membantu mengontrol kadar gula darah tubuh dengan asupan seratnya. Jadi ganti pilihan camilan dengan buah atau sayur.

    Ada cukup banyak cara mudah untuk kita membatasi asupan gula dari makanan, jadi kira-kira, Anda mau mencoba yang mana dulu?