Terbit: 5 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kesehatan tulang anak menjadi perhatian penting pada masa tumbuh kembangnya. Seiring dengan bertambah usia anak, pemenuhan kebutuhan pembentukan tulang yang tercukupi akan mendukung kesehatan tulang anak sejak masa pertumbuhan.

5 Tips Jaga Kesehatan Tulang Anak

Menurut dietitian dari Academy of Nutrition and Dietetics, Monique Ryan, 40% pembentukan puncak kepadatan tulang dimulai sejak masa anak-anak yaitu di antara usia 9-14 tahun. Sehingga penting bagi kita memerhatikan kesehatan pembentukan tulang anak.

Ryan menambahkan bahwa kesehatan tulang dapat dipersiapkan sejak masa anak-anak, pembentukan jaringan tulang yang baik akan tercipta dengan melakukan beberapa tips dibawah ini:

1. Memenuhi kebutuhan kalsium

Biasakan agar anak mengonsumsi bahan makanan tinggi kalsium, seperti susu, keju, yoghurt dan brokoli. Seperti yang kita ketahui kalsium menjadi zat gizi yang penting dalam pembentukan tulang anak.

2. Biasakan anak bermain di luar rumah atau terpapar sinar matahari setiap hari

Sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang paling baik, usahakan anak terpapar sinar matahari pada pukul 9-11 pagi selama kurang lebih 15 menit agar tubuh dapat memperoleh vitamin D yang cukup.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Konsumsi makanan tinggi magnesium

Magnesium juga merupakan mineral yang berperan dalam pembentukan tulang, pilihan makanan tinggi kalsium untuk anak adalah kacang almond, bayam dan kacang edamame.

doktersehat-anak-makan-sayur-wortel-bayam

4. Pilih sayuran yang tinggi vitamin K

Sayur hijau berdaun, misalnya kubis, bayam dan kale, menjadi sumber vitamin K yang baik, Sama dengan kandungan zat gizi lain, vitamin K merupakan salah satu pembentuk tulang yang fungsinya beriringan dengan kalsium.

5. Biasakan anak berolahraga

Stimulus saat berolahraga membuat zat gizi untuk tulang terbentuk lebih baik sehingga tulang menjadi lebih kuat. Pilihan olahraga yang bisa dilakukan anak adalah berlari, bermain bola basket atau voli sepak bola atau skateboard.

Itu dia lima tips untuk mendukung kesehatan tulang anak. Selain pemilihan makanan yang bergizi, kebiasaan bermain di luar dan berolahraga juga penting, ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi