Terbit: 1 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebagai wanita, tidak hanya wajah dan penampilan saja yang harus diperhatikan. Tetapi, vagina juga harus selalu dijaga dan diperhatikan kebersihannya. Menjaga dan merawat vagina agar selalu bersih dan sehat merupakan kewajiban wanita agar terhindar dari bau dan penyebab penyakit yang berbahaya. Vagina merupakan salah satu area vital yang memang rawan sekali terjadi infeksi dan iritasi.

5 Tips Ampuh untuk Menjaga Kesehatan Vagina

Photo Credit : pexels.com

Namun, masih banyak wanita yang salah dalam menjaga kebersihan vagina mereka. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan guna menjaga kebersihan vagina Anda agar tetap sehat dan terawat.

1. Jangan Gunakan Sabun Mandi

Mungkin Anda masih sering membersihkan vagina dengan menggunakan sabun mandi. Sebaiknya, hal tersebut mulai sekarang Anda hentikan karena membersihkan vagina dengan menggunakan sabun mandi ternyata sangat berbahaya untuk vagina. Akibat dari pemakaian sabun mandi yang terlalu banyak maka akan mengganggu keseimbangan pH vagina Anda. Apalagi, jika sabun tersebut mengandung banyak parfum. Karena sabun yang mengandung banyak parfum juga mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan vagina.

2. Perhatikan Kebersihan Saat Menstruasi

Ini sangat penting untuk Anda yang masih suka malas mengganti pembalut pada saat sedang menstruasi. Umumnya, wanita akan memilih untuk membiarkan darah haid keluar lebih banyak terlebih dahulu, baru kemudian mengganti pembalut. Padahal, mengganti pembalut dianjurkan dalam 3-4 jam sekali. Karena jika mengganti pembalut lebih dari 4 jam, maka vagina akan lembab dan memicu tumbuhnya jamur dan bakteri sehingga membuat vagina Anda infeksi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

3. Mencukur Rambut Kemaluan

Rambut kemaluan yang dibiarkan terlalu lebat akan menjadi sarang bakteri. Usahakan sebelum mandi, Anda mencukur rambut kemaluan. Ini penting sekali, karena jika rambut kemaluan Anda terlalu lebat dan menjadi sarang bakteri, tentu saja vagina Anda akan berisiko terkena penyakit.

4. Minum Air Putih

Air putih sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan kulit. Meminum air putih yang banyak akan membuat tubuh semakin sehat. Selain itu, air putih juga merupakan obat dari segala penyakit, tidak terkecuali kesehatan vagina. Semakin banyak minum air putih, maka vagina Anda akan semakin bersih.

5. Senam Kegel

Senam kegel merupakan senam yang berfungsi untuk mengencangkan dan memperkuat otot-otot dalam vagina. Khusus bagi Anda yang sudah memiliki suami, senam ini bisa membuat vagina Ana tidak kendor sehingga akan memperbaiki hubungan seksual Anda dengan suami.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi