Terbit: 4 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda sedang berencana menjalankan diet penurunan berat badan? Sebelum memulai, pastikan dulu anda memilih program yang tepat, agar diet penurunan berat badan tidak sia-sia.

5 Tips Agar Tepat Memilih Program Diet

Menurunkan berat badan tentu bukan suatu hal yang bisa dilakukan dengan mudah dan asal. Untuk itu penting bagi kita melakukan perencanaan dan pemilihan program yang tepat.

Menurut WebMD, beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar mampu memilih program diet yang tepat adalah:

  1. Perhatikan penurunan berat badan yang stabil namun bertahap

  2. Penurunan berat badan tidak bisa dilakukan sekejap mata. Diet berat badan baru akan berhasil jika berat badan dapat turun dan dipertahankan. Untuk itu, proses penurunan berat badan harus bertahap dan angka yang dicapai stabil yaitu tidak lebih dari 0,45 kg dalam seminggu atau maksimal 2 kilogram dalam satu bulan.

    - Iklan -
    Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

  3. Konsultasikan dengan dokter atau dietitian

  4. Agar kondisi tubuh tetap sehat, konsultasi dengan tenaga kesehatan tentu perlu dilakukan. Pastikan Anda berkonsultasi dengan tenaga yang telah berpengalaman dan ahli dalam menangani penurunan berat badan, agar perhitungan kebutuhan energi dan tahapan penurunan berat badan bisa sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh Anda.

  5. Perhatikan pemilihan jenis makanan

  6. Program diet yang baik harus tetap memerhatikan kelengkapan asupan jenis zat gizi. Kebutuhan zat gizi tubuh kita harus tetap terpenuhi karena itu pembatasan diet yang terlalu ketat hingga mengabaikan kebutuhan vitamin dan mineral tubuh sebaiknya dihindari.

  7. Cari tahu informasi keberhasilan atau efek samping diet

  8. Bertanya langsung pada orang lain yang sudah pernah menjalani diet ini tentu akan memberikan pandangan yang baik. Hal ini akan membuat kita mampu mengetahui berapa berat badan yang turun, kendala hingga efek samping yang pernah dirasakan oleh orang lain.

  9. Mencari tahu tentang dana yang perlu dikeluarkan selama diet

  10. Pemilihan makanan atau konsumsi suplemen tertentu saat diet pasti memerlukan persiapan yang matang, salah satunya adalah dana. Maka dari itu kita perlu memahami dana apa saja yang akan dikeluarkan selama menjalani diet, agar diet bisa dipersiapkan dengan lebih baik.

Nah, itu dia lima tips yang perlu kita perhatikan sebelum menentukan program diet. Jadi jangan langsung mencoba diet tanpa mempersiapkan pemilihan diet dengan tepat ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi