5 Tips Agar Makanan Tetap Bergizi Saat Dimasak

Photo Credit: Leo Hidalgo

DokterSehat.Com– Kita tentu tidak ingin gizi yang ada pada bahan makanan banyak berkurang saat dimasak, kan? Sayangnya beberapa jenis metode masak yang sering kita gunakan kerap membuat zat gizi bahan makanan menjadi terbuang. Lalu, harus bagaimana?

Masing-masing metode masak memiliki cara yang berbeda, mulai dari media yang digunakan dan suhu kematangan. Hal ini dapat memengaruhi beberapa jenis zat gizi makanan, baik itu protein, atau vitamin dan mineral.

Menurut Italian Association of Dietitians, hampir semua metode memasak dapat mengurangi kandungan gizi bahan makanan.

Namun hal tersebut dapat diatasi dengan melakukan beberapa hal agar tidak banyak kandungan gizi yang terbuang. Beberapa tips yang bisa kita lakukan adalah:

  1. Gunakan sedikit air saat merebus masakan

  2. Kita tentu sangat sering mengolah masakan dengan metode rebus, sayangnya metode ini kerap melarutkan vitamin larut air, untuk mengatasi hal tersebut kita dianjurkan untuk menggunakan sedikit air saja saat merebus makanan sehingga vitamin yang larut air bisa tetap kita konsumsi, melalui kuah sayur, dan tidak banyak terbuang.

  3. Tidak mengupas buah dan sayur

  4. Ada banyak kandungan gizi yaitu vitamin dan mineral yang ada di kulit sayur atau buah, jika memungkinkan, setelah mencuci bersih sayuran, langsung oleh sayur, misalnya timun dan atau buah tanpa perlu mengupas kulitnya. Hal ini akan membuat kandungan gizi bahan makanan tersedia lebih banyak.

  5. Jangan masak terlalu lama

  6. Untuk semua metode masak, selama masakan sudah matang sempurna maka gunakan waktu memasak yang paling singkat. Jika masakan sudah matang maka segera angkat makanan tidak perlu menunggu masakan menjadi terlalu matang atau overcooked. Hal ini akan mencegah zat gizi rusak akibat terkena suhu panas dan lama.

  7. Tidak membiarkan terlalu banyak bagian makanan terbakar saat menggunakan metode bakar

  8. Metode bakar kerap membuat bahan makanan memiliki bagian terbakar/ gosong, utamanya jika makanan bersentuhan langsung dengan alat masak, misalnya ikan atau ayam bakar, hal ini sebaiknya dihindari karena mengurangi kandungan gizi.

  9. Potong bahan makanan setelah masakan matang

  10. Memotong bahan makanan setalah masakan matang akan membuat kandungan gizi lebih terjaga karena kandungan gizi yang terbuang lebih sedikit. Hal ini bisa diterapkan untuk cukup banyak metode masak misalnya bakar atau rebus.

Itu dia tips agar metode masak yang kita gunakan tidak merusak gizi makanan, jadi kini masakan kita menjadi lebih bergizi, kan?